Prestasi Atletik NTB Samai Jabar di PON XIX

0
519
loading...
loading...

Cibinong, Gaung NTB
Tim atletik Nusa Tenggara Barat (NTB) membuktikan kualitas mereka di PON XIX 2016 Jawa Barat. Dua emas yang mereka raih pada hari keempat cabang olahraga atletik di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu 25 September 2016, membuat NTB mampu menyamai capaian emas tuan rumah Jawa Barat. Mereka hanya kalah raihan perak dan perunggu.
Sampai hari keempat, perebutan medali di cabang olah raga atletik untuk sementara masih didominasi tim DKI Jakarta. Mereka memperoleh 12 medali emas, empat perak, dan satu perunggu. Jawa Barat menempati posisi kedua capaian terpaut jauh, yakni empat medali emas, sembilan perak, dan tujuh perunggu. Sementara NTB menempel ketat tim tuan rumah dengan empat emas, empat perak, dan lima perunggu. Dengan perolehan ini, NTB juga mengungguli Jawa Timur yang termasuk salah satu provinsi favorit di cabang olahraga atletik. Jatim menempati peringkat ke empat sementara dengan dua medali emas, tigaa perak, dan tiga perunggu. Tiga provinsi lainnya yang juga sudah mengantongi dua emas adalah Bali, Sumtera Selatan, dan Sumatera Barat.
Pada hari keempat pertandingan, Minggu kemarin, DKI Jakarta memperoleh tiga medali emas tambahan, tanpa perak dan perunggu. Dua medali emas diperoleh dari Rini Budiarti di nomor lari 1.500 putri dan Rizky Ghusyafa di nomor lompat tinggi putra. Saatu medali emas lainnya merupakan sumbangn dari tim lari estafet 4×100 meter putri yang beranggotakan Yuliana, Emilia Nova, Irene Alisjahbana, dan Dedeh Erawati.
Sementara dua emas tambahan NTB yang membuat mereka menyamai Jawa Barat disumbangkan Ridwan di nomor 1.500 meter putra dan oleh tim estafet 4×100 meter putra yang terdiri dari Sudirman Hadi, Fadlin, Iswandi, dan Sapwaaturrahman. Selain dua emas, NTB juga menambah dua perunggu dari Nanag Fahmi Mukhtar di nomor tolak peluru putra serta nomor estafet putri (Endang Agus, Fifit Marlena, Rostinah, dan Neli Susanti).
Tim tuan rumah Jawa Barat, pada hari ke empat pertandingan kemarin, menambah satu medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Emas disumbangkan Agus Prayogo di nomor lari 10.000 meter putra. Dia mencatatan waktu 30 menit 23,98 detik. Mengalahkan Jauhari Johan dari Sumatera Selatan yang mencapai finis dalam waktu 31 menit 36,81 detik dan Nurshodiq dari DI Yogyakarta dengan 31 menit 41,41 detik. Tiga perak tambahan untuk Jawa Barat diperoleh dari Ika Puspa Dewi (lompat jangkit putri), Kaharuddin (lari 1.500 meter putra), dan Tresna Puspita Gusti (lempar cakram putri). Sementara tiga medali perunggu taambaahan Jawa Barat disumbangkan oleh Guntur Ibrahim (lompaat tinggi putra), Rini Susanti (lompat jangkit putri), serta tim Farrel Octaviandi, Farhan Hafidh, M Patoniah, dan M Apriansyah (estafet 4 x100 meter putra.

loading...

LEAVE A REPLY