Pelantikan Kepala Desa Serentak Belum Ditentukan

0
302
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Bupati Sumbawa H M Husni Djibril BSc belum menentukan jadwal pelantikan kepala desa terpilih, hal tersebut bukan lantaran adanya proses gugatan yang dilakukan oleh beberapa desa yang bermasalah, akan tetapi memang sejauh ini jadwal pelantikan belum ditentukan.
Ditemui Gaung NTB, Rabu (28/9) Bupati Sumbawa HM Husni Djibril BSc mengatakan bahwa bukannya Pemerintahan Daerah mengulur waktu pelantikan, hanya saja sejauh ini jadwal untuk pelantikan Kepala Desa terpilih belum ditetapkan. “Meski sebelumnya sudah ada rencana, namun jadwal tersebut belum ditetapkan,” jelasnya.
Namun demikian sambungnya, yang pasti pelantikan akan tetap dilakukan paling lambat 30 hari setelah penetapan Peraturan Bupati atau selambat-lambatnya dibawah tanggal 11 Oktober mendatang. “Kami masih memberikan ruang kepada masyarakat yang sedang melakukan proses hukum terkait dengan Pilkades ini, hasilnya akan ditunggu,” katanya.
Untuk itu kata H Husni, bagi kepala desa yang sudah menang tentunya akan menjadi kepala desa yang tuntas prosesnya, tidak meninggalkan persoalan. Kemudian yang menjadi catatan bahwa SK Pelantikan sudah disiapkan, hanya saja untuk penetapan tanggal SK tersebut belum ditetapkan, karena SK akan berlaku ketika tanggal ditetapkan. “Kalau persiapan SK-nya sudah pasti ada, nanti kalau sudah ketok palu baru kita bubuhkan tanggalnya,” papar bupati.
H Husni juga menegaskan bahwa penundaan pelantikan itu tidak ada kaitannya dengan penyegelan Kantor Desa Lito atau proses hukum lainnya yang sedang berjalan. “Permasalahan sudah dapat diselesaikan melalui komunikasi yang dilakukannya dengan para pemuda di desa tersebut, saya sudah bertemu dengan pemuda yang ada di desa tersebut,” jelasnya.
Untuk diketahui kata H Husni, Pemerintah Daerah sangat peduli dengan masyarakat dan tidak mengharapkan ada pihak-pihak yang dirugikan atau diuntungkan, karena yang untung dan rugi sebenarnya semua pihak jika salah menerapkan kebijakan. Oleh karena itu dia menghimbau agar masyarakat bersikap objektif dan positif dan menjaga kondusifitas daerah.

loading...

LEAVE A REPLY