PT Newmont Nusa Tenggara

Tim Buser Amankan Nelayan Selundup Bibit Lobster

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Seorang nelayan asal Lombok Timur berinisial DR (40) diamankan oleh Tim Buser Reskrim Polres Sumbawa beserta barang bukti sekitar 1.600 bibit lobster yang dikemas dalam 9 kantong plastik, pada Rabu (28/09) sekitar pukul 13.00 Wita. Bibit lobster yang diperoleh dari Kecamatan Labangka ini rencananya akan dibawa ke Pulau Lombok untuk dijual dengan harga yang lumayan mahal.
Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Yusuf Tauziri SIK yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (28/9) mengungkapkan bahwa DR diamankan di Jembatan Pungka, jalan baypass Kecamatan Unter Iwis, saat dalam perjalanan mengendarai sepeda motor.
Modusnya, bibit–bibit lobster tersebut dimasukkan ke dalam tas punggungnya, agar tidak diketahui oleh petugas. Namun polisi yang telah mendapat informasi, langsung mencegat DR dalam perjalanan menuju Pulau Lombok. Saat digeledah, dalam tas ranselnya berisi ribuan bibit lobster berukuran di bawah 8 centimeter yang dibungkus 9 kantong plastik, kemudian DR diamankan ke Mapolres Sumbawa untuk menjalani pemeriksaan.
Yusuf Tauziri yang akrab disapa Bang Yusta menegaskan, tersangka mengaku baru pertamakali mencoba mengirim bibit lobster ke Pulau Lombok, sebab biasanya hasil tangkapan lobsternya dijual langsung kepada pengumpul setempat. Lobster yang didapatnya sebagian dibeli dari nelayan di wilayah Labangka. DR telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 100 Junto Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang nomor 31 tahun 2004 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 45 tahun 2009 terkait penangkapan, pembudidayaan dan pengangkutan. “Harus memperhatikan jenis serta ukuran ikan yang boleh ditangkap sesuai peraturan menteri, ikan baru bisa dikirimkan jika ukuran karapas (panjang badan hingga kepala) harus di atas delapan centimeter”, papar Bang Yusta.
Secara terpisah, tersangka DR mengaku tertarik mencari bibit lobster karena harganya yang menjanjikan, apalagi dijual di Pulau Lombok yang harganya lebih mahal. “Harga bibit lobster di Labangka per ekor bibit ini mencapai Rp 4.000, jika dijual di Lombok minimal Rp 6.000 per ekor bahkan lebih”, ujar DR lirih.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply