PT Newmont Nusa Tenggara

Program Strategis BSPS Pembangunan Baru di Desa Mapin Rea dan Gontar Hampir Rampung

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang merupakan program srategis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), khususnya program Pembangunan Baru (PB) yang disalurkan di Desa Mapin Rea dan Desa Gontar Kecamatan Alas Barat sudah hampir rampung.
Tim Teknis Program BSPS Kabupaten Sumbawa, Ir NI Wayan Rusmawati kepada Gaung NTB, belum lama ini menyampaikan bahwa program strategis BSPS dalam bentuk Pembangunan Baru (PB) di 2 desa yakni Desa Mapin Rea dan Desa Gontar Kecamatan Alas Barat kegiatan fisiknya sudah hampir rampung.
Dari beberapa kegiatan pembangunan yang belum dikerjakan oleh penerima bantuan yakni tinggal pemasangan bagian atap rumah saja. Penyelesaikan pembangunan rumah warga ini jelasnya, juga secara bersamaan dengan finalisasi droping bahan tahap kedua.
“Mungkin pada hari ini sudah rampung droping bahan bangunannya sehingga masyarakat penerima program tinggal melaksanakan penyelesaian bangunannya,” ujarnya.
Untuk diketahui, besar bantuan yang diberikan kepada masyarakat penerima bantuan untuk Pembangunan Baru sebesar Rp 30 juta, masing-masing disalurkan untuk 30 rumah di Mapin Rea dan 44 rumah di Desa Gontar.
Dalam kesempatan itu Wayan—sapaan akrab Tim Teknis Program BSPS Kabupaten Sumbawa, menyampaikan apresiasi kepada warga terutama warga yang menerima bantuan karena sudah melaksanakan pembangunan rumahnya dengan sangat bagus, bahkan besar anggaran untuk pembangunan rumah mereka menurut Wayan, melebihi dari perencanaan rumah yang diberikan, sehingga apabila di lihat ukuran rumah rata-rata 6 x 6, namun dalam kenyataannya yang dibangun melebih ukuran yang direncanakan tersebut. Hal itu katanya membuktikan bahwa tingkat swadaya masyarakat sangat luar biasa.
Tingginya keswadayaan masyarakat ini katanya, membuat pemerintah daerah sangat memberikan aprsiasi. “Selaku tim teknis kami sangat mengapresiasi respon warga, ini artinya bantuan pemerintah ini sangat dihargai oleh masyarakat,” katanya.
Wayan berharap tahun depan Kabupaten Sumbawa kembali akan mendapat kepercayaan dari Kementerian PUPR melalui Dinas PU Provinsi untuk mendapatkan program yang sama dengan jumlah lebih banyak lagi dari tahun ini.
“Kami juga berterima kasih kepada Bupati Sumbawa yang telah memberikan dukungan, sehingga pelaksanaan program BSPS di Kbaupaten Sumbawa tahun 2016 ini dapat berjalan sessuai dengan harapaan,” demikian Ni Wayan Rusmawati.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply