PT Newmont Nusa Tenggara

Perda OPD Rampung, Perbup Sedang Digarap

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sejak ditetapkan oleh DPRD Kabupaten Sumbawa melalui Sidang Paripurna menjadi Perda kemudian dilakukan evaluasi oleh Gubernur NTB beberapa minggu lalu, akhirnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sumbawa telah rampung dan segera diundangkan dalam Lembaran Daerah.
Selanjutnya yang menjadi tugas utama Pemda Sumbawa melalui Bagian Organisasi Setda Sumbawa bersama Bagian Hukum Setda Sumbawa akan merampungkan pembahasan terhadap Peraturan Bupati (Perbup) tentang struktur, tugas dan fungsi perangkat daerah yang merupakan penjabaran dari Perda OPD tersebut.
Kabag Organisasi Setda Sumbawa, Ishak SSos kepada Gaung NTB belum lama ini menyampaikan bahwa Gubernur NTB telah melakukan evaluasi terhadap Perda OPD, ada beberapa catatan terkait dengan konsideran Perda tersebut dan sudah dilakukan penyempurnaan, serta sudah disampaikan kembali kepada Gubernur terkait dengan perbaikan tersebut. “Perda OPD ini sudah siap, tinggal diundangkan saja dalam Lembaran Daerah dan itu menjadi tugas dari Bagian Hukum setda Sumbawa,” jelasnya.
Selanjutnya kata Ishak, sebagai bagian terpenting lainnya dari Perda OPD tersebut yakni harus disusun Peraturan Bupati (Perbup) yang merupakan penjabaran secara teknis terhadap Perda OPD tersebut yang mengatur sampai kepada tugas dan fungsi masing-masing struktur perangkat daerah yang diatur dalam OPD tersebut.
Dari 30 Perbup yang harus dipersiapkan menurut Ishak, sudah 20 lebih Perbup yang sudah rampung pembahasannya, sementara beberapa Perbup lainnya seperti Setda, Setwan, Inspektorat, Dinas PU, DPPK dan beberapa yang lainnya sekarang ini sedang dalam proses pembahasan antara Bagian Organisasi dengan SKPD terkait.
Menurut Ishak, penyusunan Perbup tersebut memang cukup berat, karena harus mengatur hingga rincian tugas dan fungsi dari seluruh struktur perangkat yang ada di masing-masing SKPD, dengan harapan nantinya para penjabat dengan gampang melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. “Insya Allah akhir bulan ini seluruh Perbup tersebut sudah rampung dibahas,” demikian Ishak.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply