PT Newmont Nusa Tenggara

Butuh Upaya dan Kesungguhan untuk Sukseskan Festival Moyo

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Untuk memastikan hasil dan dampaknya bagi perkembangan pariwisata bagi Kabupaten Sumbawa dengan digelarnya Festival Moyo selama 5 tahun ini, Sutradara dan Produser Film, Adi Pranajaya kepada Gaung NTB belum lama ini menyarankan agar dilakukan evaluasi sehingga tidak monoton.
Adi demikian dia akrab disapa, menilai masih kurangnya upaya daerah untuk menyiasati kegiatan Festival Moyo sehingga hasil yang dicapai kurang signifikan. “Perlu ada upaya untuk mendatangkan para pelaku wisata, tapi bukan dengan pendekatan yang konvensional yang selama ini diterapkan, seperti tiga bulan sebelum Festival Moyo digelar, ada paket kesenian yang dikemas oleh panitia dibawa ke Jakarta atau kota-kota besar kemudian dipentaskan di pusat-pusat kebudayaan asing, sembari menampilkan Tarian Sumbawa hingga mempromosikan secara visual potensi alam Sumbawa,” paparnya.
Dengan demikian kata Adi, orang luar dapat mengetahui apa saja even yang digelar dalam Festival Moyo, termasuk destinasi wisata yang akan dinikmati saat berkunjung ke Sumbawa.
Menurut Produser Film Perang Sapugara ini, Festival Moyo harus jelas sasaran dan pencapaiannya, seperti adanya peningkatan jumlah angka wisatawan pasca digelarnya Festival Moyo, hal ini penting katanya, agar biaya besar yang dikeluarkan selama pagelaran Festival Moyo dapat berbanding lurus dengan hasil yang diperoleh. Pemda juga harus berkomitmen dan bersungguh – sungguh untuk mengelola potensi yang ada seperti seni pertunjukkan, dengan cara menyiapkan fasilitas dan sarana sehingga memiliki wadah juga harus mampu membangun kerjasama dengan orang-orang Sumbawa yang ada di Jakarta untuk menfasilitasi petunjukan kesenian Sumbawa.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply