PT Newmont Nusa Tenggara

Bupati Upayakan Datangkan Investor Jagung

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Hasil pertanian Kabupaten Sumbawa sangat melimpah apalagi produksi jagung dari tahun ketahun terus mengalami kenaikan bahkan di tahun 2017 pemerintah menargetkan produksi jagung mencapai 500 ribu ton, bukan hanya itu Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, BSc mengupayakan untuk mendatangkan investor jagung dan pabrik pengolahan jagung.
Ditemui Gaung NTB, Rabu (28/09) Bupati Sumbawa H M Husni Djibril BSc mengatakan bahwa jagung merupakan komuditas pertanian yang sangat unggul, yang sudah menjadi produk unggulan Kabupaten Sumbawa dan di seluruh NTB jagung merupakan komuditas terbesar diantara seluruh hasil pertanian. Sehingga betapa gembiranya jika kedepannya masyarakat Sumbawa dapat menanam jagung karena jagung lebih menjanjikan, lantas bukan berarti beras ditinggalkan setidak-tidaknya kesempatan untuk menanam jagung lebih besar disertai dengan tersedianya lahan yang cukup luas.
Dikatakan H Husni, sapaan Bupati Sumbawa, bahwa jagung merupakan tanaman yang bisa ditanam di lahan yang kering sekalipun asalkan mempunyai sumber air yang cukup.
“Kalau penanaman jagung terus digalakkan maka masyarakat Sumbawa akan terbiasa mengkonsumsi jagung, apalagi jagung bisa dikemas dalam berbagai aneka makanan sehingga nantinya jagung diharapkan bisa menjadi makanan pokok masyarakat selain beras,” paparnya.
Disamping itu sambung H Husni, jagung juga merupakan makanan yang menyehatkan paling tidak sebagai makanan pengganti selain beras. Produksi jagung di ntb sangatlah besar dan ditahun 2017 pemerintah menargetkan produksi jagung bisa mencapai 500 ribu ton sementara ditahun ini produksi jagung hanya 330 ribu ton artinya ditahun berikutnya ada peningkatan produksi jagung apalagi menteri pertanian menintruksikan bahwa produksi jagung Kabupaten Sumbawa menimal tidak harus 2 kali lipat dari tahun sabelumnya. Papar H. Husni
Selain itu bupati juga mengusahakan mendatangkan investor, agar jagung tidak hanya dikirim dalam bentuk mentahnya saja akan tetapi ada pabrik olahan jagung, dan akan berupaya mendatang investor ketika dengan menjual produksi jagung yang begitu besar keluar daerah sumbawa maka yang diharapkan adalah mendatang investor yang mau berinvestasi dalam membuat pabrik olahan jagung. Ujarnya
Bahakan menurut H Husni, sudah ada beberapa investor jagung yang sudah siap berinvestasi di Kabupaten Sumbawa, tinggal yang menjadi tanggung jawab pemerintah adalah melakukan sosialisasi yang intensif, karena hal tersebut sangat menjanjikan. “Kalau dulu jagung biasanya dari hulu kehilir biasanya tidak terselsaikan dihilirnya, karena pembelinya memainkan harga dan untuk saat ini khusus jagung sudah ada jaminan harga dari Kementerian Pertanian, yang terpenting produksi jagung sesuai dengan target dan sudah ada perusahaan yang bersedia untuk membeli hasil produksi jagung Kabupaten Sumbawa yakni PT Jappa artinya dari sisi pasar Jagung sangat menjamin dari segi ekonomi karena ada jaminan dari Menteri Pertanian,” jelasnya.
Untuk itu Bupati berharap bahwa jagung bukan hanya dijual dalam bentuk mentahnya saja akan tetapi untuk menambah nilai ekonomi dari jagung itu sendiri atau penghasilan petani maka perlu adanya pabrik pengolahan jagung dan mudah-mudahan ada investor yang mau berinvestasi dan membangun pabrik pengolahan jagung di Kabupaten Sumbawa.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply