PT Newmont Nusa Tenggara

Peningkatan Kualitas (PK) Sudah Rampung Tahap Pertama

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sejak pencairan anggaran beberapa bulan lalu, Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), yang dialokasikan di 2 desa di Kecamatan Lunyuk sudah berjalan dengan baik, bahkan untuk pelaksanaan tahap pertama ini progres pengerjaan 30 persen sudah hampir rampung secara keseluruhan.
Tim Teknis Kabupaten Sumbawa, Ir Ni Wayan Rusmawati, kepada Gaung NTB, Senin (26/09) kemarin menyampaikan bahwa bantuan program dari Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PU-PR) untuk 2 desa di Kecamatan Lunyuk yakni Desa Padasuka dan Desa Emang Lestari sampai saat ini pengerjaan fisiknya sudah mencapai 30 persen, dengan demikian masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut sudah dapat mencairkan kembali anggarannya untuk tahap kedua untuk pengerjaan sampai 100 persen.
Namun demikian kata Wayan—sapaan Tim Teknis Program BSPS Kabupten Sumbawa yang juga Kabid SDA dan TTG BPM-PD Sumbawa itu, diakui pula ada beberapa masyarakat penerima bantuan yang belum rampung untuk tahap pertama atau masih dalam proses pengerjaan hal ini disebabkan karena kondisi bahan lokal yang sangat sulit di dapat, seperti pengadaan matrial berupa batu merah yang sulit diperoleh di Kecamatan Lunyuk kerana produksinya terbatas, sehingga harus didatangkan dari luar Kecamatan Lunyuk.
Sementara untuk persiapan pencairan tahap kedua, menurut Wayan, besok (hari ini) akan dilakukan rembuk dengan masyarakat penerima bantuan untuk membahas proses pencairan anggaran tahap kedua karena direncanakan untuk realisasi pencairannya akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober mendatang, sehingga dalam waktu pengusaha matrial sudah dapat mendroping barang atau bahan bangunan yang dibutuhkan warga, sehingga pada akhir Oktober nanti diharapkan pengerjaan fisik sudah mencapai mencapai 100 persen.
Sementara untuk Desa Lekong Kecamatan Alas Barat sambungnya, yang merupakan lokasi tambahan program untuk bantuan BSPS dalam bentuk Peningkatan Kualitas sebanyak 124 unit, sampai saat ini masih dalam tahap droping matrial dan sudah hampir rampung.
“Mungkin dalam waktu dua atau tiga hari ini sudah rampung untuk droping matrialnya, sehingga masyarakat penerima bantuan sudah dapat mengerjakan rumahnya,” ujar Wayan. Sementara untuk pencairan anggarannya tahap pertama akan dilakukan pada awal Bulan Oktober mendatang, bersamaan dengan pencairan tahap kedua di 2 desa di Kecamatan Lunyuk.
Untuk kesukseskan program BSPS ini, Wayan terus memberikan semangat kepada masyarakat penerima bantuan khususnya agar terus melaksanakan program BSPS tersebut hingga rampung 100 persen.
Kepada kepala desa, camat dan Tim Pendamping Masyarakat (TPM), agar terus meningkatkan kinerja melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam melaksanakan program agar program ini dapat terlaksana dengan baik.
Dalam kesempatan itu Wayan juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sumbawa, yang selama ini memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program BSPS di Kabupaten Sumbawa, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan harapan.
“Kami berharap kedepan Kabupaten Sumbawa kembali akan mendapatkan progrm serupa dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalu Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB,” demikian Ni Wayan Rusmawati.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply