Wisata

Wagub NTB Minta Masyarakat Waspadai Virus Zika

Mataram, Gaung NTB
Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muhammad Amin meminta masyarakat waspada terhadap penularan virus Zika di wilayah itu.
“Kita minta masyarakat waspada, karena virus zika ini sangat berbahaya kalau tertular kepada manusia,” kata Muhammad Amin di Mataram, Jumat (2/9).
Amin, menjelaskan meski virus zika belum masuk wilayah Indonesia, khususnya NTB, namun hendaknya masyarakat perlu mewaspadai.? BKarena, kata Amin, bisa saja suatu saat nanti virus tersebut masuk wilayah Indonesia.
“Tentu kita berharap tidak demikian, virus ini masuk ke Indonesia. Tetapi dengan adanya virus itu, masyarakat harus bisa menerapkan pola hidup bersih baik di lingkungan keluarga maupun tempat tinggal,” jelasnya.
Menurut dia, untuk mengantisipasi merebaknya penularan virus tersebut di wilayah NTB, pihaknya telah memerintahkan Dinas Kesehatan NTB untuk melakukan koordinasi bersama Dinas Kesehatan kabupaten/kota melakukan langkah-langkah penanganan, sehingga virus itu tidak masuk ke NTB.
Tidak hanya, lanjut Muhammad Amin, pemerintah provinsi juga akan berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura I selaku pengelola Lombok Internasional Airport (LIA). Karena, di tempat ini terdapat sejumlah penerbangan internasional yang di layani bandara tersebut, seperti dari Malaysia dan Singapura.
“Antisipasi ini dengan pemasangan alat pendekteksi, sehingga bisa mengetahui kondisi tubuh para penumpang,” katanya.
Selain bandara, upaya pencegahan juga dilakukan di sejumlah Pelabuhan. Hal ini tidak lain dilakukan sebagai langkah antisipasi mencegah virus zika masuk ke NTB.
“Semua ini kita lakukan sebagai upaya antisipasi, agar virus ini tidak masuk di wilayah NTB. Makanya, seluruh komponen tetap waspada,” tegas Amin.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close