Plh Kadis Diknas Sumbawa Lepas Siswa Peserta LPSN Tingkat Nasional

0
357
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Plh Kepala Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa, Dr H Muhammad Ikhsan MPd, melepas 5 orang siswa peserta Lomba Peneliti Siswa Nasional (LPSN) Tingkat Nasional, yang berlangsung di Ruang Asisten I Setda Sumbawa, Jum’at (23/09) lalu.
Pada kegiatan pelepasan siswa tersebut, mereka didampingi oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Dikdas Dinas Diknas, Sudarli SPt, MSi, Kepala SMPN 1 Badas A Rahman Semba SPd, Kepala SMPN 1 Sumbawa, Sri Irianti SPd, MPd, dan guru pendamping siswa.
Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Dikdas Dinas Diknas Sumbawa, Sudarli SPt, MSi, dalam laporannya menyampaikan bahwa 5 orang siswa asal Kabupaten Sumbawa berhasil mewakili Provinsi NTB untuk mengikuti Lomba Peneliti Siswa Nasional (LPSN) Tingkat Nasional tersebut meliputi Rini Rahyuni dan Destikawati dari SMPN 1 Badas dan Syarifah Fatimah Nissatul Jannah, Rana Ilmi Saida serta Muhammad Farid Andika dari SMPN 1 Sumbawa. “Mereka akan mengikuti LPSN itu yang akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 25 hingga 29 September 2016,” jelasnya dihadapan Kepala Dinas Diknas Sumbawa.
Kedua Tim LPSN dari Sumbawa tersebut jelas Sudarli, masing-masing mewakili Bidang IPA dengan judul penelitian masing-masing tim yakni Efektifitas Alat Penangkap Nener Sederhana di Kalangan Nelayan, Labuan Badas (SMPN 1 Badas) dan Kajian Etnobotani Tumbuhan Obat untuk Medo Bura’ oleh Masyarakat Desa Boak Sumbawa (SMPN 1 Sumbawa).
“Mereka akan bersaing di bidang yang sama dengan 34 siswa lain di Tingkat Nasional dan dukungan semua pihak, agar anak-anak kami ini dapat sukses di tingkat nasional,” harapnya.
Sementara itu Plh Kepala Dinas Diknas Sumbawa DR H Muhammad Ikhsan, dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada siswa-siswa dari Kabupaten Sumbawa yang telah berhasil mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa di Tingkat NTB pada Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN), selanjutnya akan mewakili Provinsi NTB pada lomba yang sama di tingkat nasional.
Para siswa ini berhasil menjadi juara, kata H Ikhsan—sapaan akrab Plh Kepala Dinas Diknas Sumbawa, tentu karena atas dukungan berbagai pihak terutama dukungan orang tua, kemudian guru pembimbing di sekolah, juga kepala sekolah dan dukungan Pemerintah Kabupten Sumbawa melalui Dinas Pendidikan Nasional serta dukungan seluruh masyarakat.
“Dengan dukungan semua pihak, diharapkan dapat menjadi bekal dan semangat untuk merebut tempat yang terhormat, tempat yang hebat dan tempat yang bermartabat di tingkat nasional,” harapnya.
Dalam kesempatan itu H Ikhsan yang juga Asisten I Sekda Sumbawa juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Diknas Sumbawa, karena meski yang diundang hanya ketua tim peneliti untuk mempresentasikan temuan mereka, namun Dinas Diknas bersama pihak sekolah masing-masing dapat memberangkatkan semua anggota tim peneliti juga bersama guru pendamping.
“Kami berharap misi untuk mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa di tingkat nasional melalui even Lomba Peneliti Siswa Nasional ini dapat tercapai dengan baik,” demikian H Muhammad Ikhsan.

loading...

LEAVE A REPLY