Wisata

Perekaman KTP eL Berakhir 30 September

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Berbagai cara terus dilakukan pemerintah supaya masyarakat wajib KTP segera melakukan perekaman. Salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan batas akhir perekaman KTP Elektronik (KTP eL) bagi penduduk wajib KTP ini, sampai tanggal 30 September 2016.
Ditemui Gaung NTB, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa, Ir H Zulqiefli, membenarkan hal itu.
Menurutnya, pemerintah sangat berkeinginan menuntaskan penduduk yang belum melakukan perekaman, karena ini juga untuk kepentingan masyarakat. Terlebih masih ada anggapan bahwa salah satu kartu identitas penduduk ini belumlah begitu urgen.
Di Kabupaten Sumbawa sendiri sebut Haji Zul, sapaan akrabnya, kurang lebih ada 35.000 wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Dengan adanya batas akhir perekaman ini, diharapkan antusiasme masyarakat kian meningkat.
Untuk dapat menuntaskan perekaman ini ujarnya, Disdukcapil Sumbawa, terus melakukan terobosan seperti menempatkan alat di tiap kecamatan demi mendekatkan pelayanan, termasuk melakukan jemput bola. “Mulai akhir Agustus lalu, setiap hari dilakukan perekaman supaya cepat tuntas,” tandasnya.
Ia menargetkan sebelum 30 September, penduduk wajib KTP di Sumbawa, sudah melakukan perekaman. Agar ini terealisasi, Haji Zul, berharap semua stake holder bergerak untuk mengerahkan masyarakatnya untuk melakukan perekaman, karena ini bukan tugas Disdukcapil semata. “Kita semua harus berperan, terutama masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program pemerintah ini. Apakah setelah 30 September, masyarakat yang belum melakukan perekaman tetap dilayani, kami masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari pusat,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close