Pendataan Bedah Rumah Tim PDPGR Diminta Berkoordinasi Dengan RT

0
543
loading...
loading...

Taliwang, Gaung NTB
Terkait akan adanya bantuan Bedah Rumah dari pemerintah yang diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu, saat ini tahapan pendataan dilakukan langsung oleh Tim Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) langsung ke masyarakat.
Ketua Fraksi Partain Amanat Nasional (FPAN) DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Muhammad Hatta, meminta Agen PDPGR untuk tetap berkoordinasi dengan struktur pemerintah di tingkat bawah yakni Ketua RT, Kepala Lingkungan, Kadus, Kades dan Lurah karena selama ini keberadaan mereka diakui oleh negara. “Ini patut saya sampaikan, jangan sampai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, tidak ada koordinasi dengan perangkat di tingkat bawah terutama RT,” ujarnya.
Atas dasar itu, Hatta menyarankan perlu dilakukan evaluasi hasil pendataan calon masyarakat penerima bantuan bedah rumah tersebut. Untuk dilakukan upaya singkronisasi ke tingkat bawah terutama data RT. “Soal layak tidak layaknya penerima bantuan ini dasarnya pure profesional atas nama pemerintah,” tandas Hatta.
Perlu dicatat sambungnya, jika perangkat dibawah (RT, Kaling, Kadus, Kades, Lurah) tak dilibatkan atau tak diberikan peran, dampaknya akan menghilangkan semangat gotong royong. “Bagaimana pun juga perangkat perangkat ditingkat bawah inilah yang lebih mengetahui kondisi masyarakatnya yang layak diberikan bantuan atau tidak,” tegasnya.

loading...

LEAVE A REPLY