Pelajar SMPN 1 Sumbawa dan SMPN 1 Badas Duta NTB di LPSN Nasional

0
1027
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pelajar Kabupaten Sumbawa, kembali tampil di pentas nasional. Kali ini dalam Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) SMP tingkat nasional tahun 2016. Untuk diketahui LPSN ini merupakan perubahan format dari Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR).
Untuk Provinsi NTB, hanya ada 3 judul karya ilmiah yang lolos ke nasional. Dua diwakili oleh Kabupaten Sumbawa, untuk bidang IPA dan satunya lagi diwakili Kota Mataram, untuk bidang IPS.
Panitia pusat sendiri hanya mengambil 34 besar karya ilmiah terbaik yang masuk ke meja dewan juri.
Judul karya ilmiah yang lolos ke nasional ini adalah Efektifitas Alat Penangkap Nener Sederhana Dikalangan Nelayan Labuhan Badas. Ini ditulis oleh Rini Rahyuni dan Desti Kawati, pelajar dari SMP Negeri 1 Badas.
Sementara satu karya ilmiah lainnya yang juga lolos ke nasional berjudul Kajian Etnobotani Tumbuhan Obat Untuk Medo Bura Masyarakat Boak Sumbawa. Karya ini ditulis oleh SYarifah Fatmah Nissatul Jannah, Muhammad Farid Andika dan Rana Ilmi Sayidah. Ketiganya merupakan pelajar di SMP Negeri 1 Sumbawa. “Alhamdulillah, tahun ini pelajar di dua sekolah tersebut ditetapkan sebagai finalis untuk LPSN tingkat nasional,” ungkap Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Sudarli, SPt, MSi.
Sebelum ditetapkan sebagai finalis terang Darli—sapaan akrabnya, para pelajar ini mengirimkan langsung jurnal penetian mereka ke panitia pusat. Kemudian panitia pusat menentukan tim pemenang yang akan mewakili provinsinya masing-masing.
Khusus Kabupaten Sumbawa ujarnya, tiap tahunnya—sebelum LPIR berubah nama menjadi LPSN—selalu ada saja pelajar yang mewakili NTB ke nasional dan meraih juara. Terakhir tahun lalu, pelajar Sumbawa berhasil meraih juara 3 nasional. “Untuk tahun ini kita berharap bisa masuk 3 besar nasional lagi,” harapanya.
Sebelum berlaga nanti, ia menegaskan pembinaan akan terus dilakukan oleh guru pembimbing. Selain itu, pembinaan akan diperkuat juga oleh tim dari provinsi. “Lomba tingkat nasional digelar bulan ini juga. Tapi tanggalnya kita belum tahu,” tandasnya.
Sekedar diketahui penetapan pelajar di SMPN 1 Badas dan SMPN 1 Sumbawa, sebagai finalis LPSN tingkat nasional ini berdasarkan SK Direktur Pembinaan SMP Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 2696/D3/KP/2016.

loading...

LEAVE A REPLY