Panen Jagung Petani Labangka Berlimpah

0
1049
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Petani di Kecamatan Labangka, bakal menjadi orang kaya baru. Sebab hasil panen mereka melimpah dan terbilang sukses. Dari 10.676 hektar lahan yang tersebar di 5 desa kecamatan bagian Selatan Sumbawa ini, menghasilkan 74.732 ton jagung. Selain itu harga jagung cukup bagus mengacu pada harga yang ditetapkan pemerintah. “Alhamdulillah, panen jagung di Labangka, tahun ini sukses, hanya sekitar 3% yang mengalami gangguan,” kata Camat Labangka, Hartono SSos.
Hasil panen tahun ini ungkap Hartono, meningkat signifikan jika dibanding tahun 2015 lalu. Ini karena lahan tanam yang semakin luas. Dari 9.527 Ha tahun lalu meningkat menjadi 10.676 Ha.
Selain itu rata-rata panen tahun ini per hektarnya mencapai 7—8 ton, berbeda dengan tahun lalu hanya 5 ton per hektar. Demikian dengan harga jagung. Tahun lalu Rp 2.700 per kilogram, saat ini Rp 3.100 per kilogram dengan kadar air 17—18%.
Meningkatnya harga jagung kata Hartono, karena sudah banyak pengusaha yang masuk ke Labangka, sehingga harga bersaing dan petani memiliki banyak pilihan. Sebaliknya pengusaha tidak berani memainkan harga seperti tahun lalu yang hanya satu orang pengusaha. Apalagi tahun ini kran impor jagung sudah ditutup.
Ke depan lanjutnya, pihaknya akan mengejar target peningkatan tanam jagung dan berusaha untuk menjaga harga tetap stabil, serta distribusi pupuk lebih awal dengan lebih mengutamakan pupuk organik agar kualitas tanah tetap terjaga. Tentunya dibutuhkan campur tangan pemerintah. “Kami tetap berharap predikat Labangka sebagai lumbung jagung NTB tetap terjaga dalam rangka menopang ketersediaan jagung nasional,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY