Nelayan Kaung Diringkus Polair Saat Bom Ikan

0
502
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Seorang nelayan asal Pulau Kaung Kecamatan Buer berinisial HZ (38) berhasil diringkus Satuan Polisi Air (Sat Polair Polres Sumbawa) saat tengah melakukan aksi pengeboman ikan  di Perairan Pulau Sarenggi Kecamatan Buer, Kamis (08/09) sekitar pukul 16.00 Wita kemarin.
Kasat Polair Polres Sumbawa, Ipda Thamrin yang dikonfirmasi Gaung NTB, Jumat (09/09) mengungkapkan bahwa pada saat ditangkap, HZ sedang memungut ikan- ikan yang dibom dalam kondisi terhampar di permukaan laut.
Dari tangannya disita satu bundre ikan mengkawal, sebuah dakkor, kaca mata selam, pin atau sepatu katak, dua pasang panah ikan, kompresor 1/2 PK lengkap dengan selang, dan perahu.
Menurutnya, aksi illegal fishing yang dilakukan nelayan ini telah diintainya selama seminggu, Untuk menangkap pelaku, pihaknya merubah strategi dengan menggunakan kapal nelayan yang disewa kemudian perlahan mendekat dan melakukan penyergapan.
“Sebenarnya ada tiga perahu, tapi ketika pihaknya mendekat yang duanya kabur, kami tidak dapat melakukan pengejaran karena kekuatan perahu nelayan yang dipakai menyamar tidak kuat,” ujar Thamrin.
Kasus Ilegal Fishing tersebut menurut Thamrin, telah ditanganinya, seluruh barang bukti telah diamankan sedangkan pelaku HZ sudah diamankan di Polres Sumbawa. Pelaku dijerat undang-undang perikanan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

loading...

LEAVE A REPLY