Kejar Nilai Integritas, SMPN 1 UI Siap UNBK

0
520
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Bukan hanya SMP Negeri 1 Sumbawa, saja yang bertekat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Tahun pelajaran 2016/2017 ini. Keinginan yang sama juga dikumandangkan oleh SMP Negeri 1 Unter Iwes. Seperti diketahui di Tahun Pelajaran 2015/2016, SMP Negeri 4 Badas, menjadi satu-satunya sekolah pelaksana ujian dengan menggunakan perangkat lunak tersebut, di Kabupaten Sumbawa.
Minimnya fasilitas komputer diakui Kepala SMP Negeri 1 Unter Iwes, Punijan, SPd, sebagai salah satu faktor mengapa sekolahnya belum melaksanakan UNBK tahun lalu. Namun, kini ada solusi yang coba ditawarkan oleh SMK Negeri 1 Sumbawa.
Sekolah bersangkutan (SMKN 1 Sumbawa), menurut Pon—sapaan akrabnya, sudah bersedia membantu dengan menyiapkan sarana komputer dan tempat pelatihan. “Kita sudah jalin komunikasi dengan SMK 1 Sumbawa. Mereka siap membantu. Untuk pelaksanaan UNBK nanti, bisa siswa kita yang ke SMK 1 Sumbawa, atau komputernya yang dipinjam,” ujarnya.
Agar mampu melaksanakan UNBK ini secara mandiri sebut Pon, sekolahnya membutuhkan 70 unit komputer plus 3 server. Saat ini sekolahnya sudah memiliki 24 komputer. Itu artinya tinggal dibutuhkan 46 unit lagi.
Sekolahnya kata mantan Kepala SMP negeri 1 Rhee ini, tetap berupaya memenuhi fasilitas pendukung, supaya dapat melaksanakan UNBK. Salah satunya dengan mengajukan proposal ke Kemendikbud, untuk mendapatkan bantuan komputer. “Komite dan orang tua juga sudah bersedia membantu. Paling lambat Januari atau Februari tahun depan, komputernya sudah komplet, biar bisa digunakan latihan untuk siswa,” tandasnya.
Keinginan besar sekolahnya untuk dapat melaksanakan UNBK ini sambung Pon, karena banyak keuntungan yang didapat. Selain biaya lebih efisien, dan menutup ruang siswa untuk menyontek, nilai integritas juga mampu dikejar. “Biar nilai UN nya 100%, kalau belum UNBK nilai integritasnya masih rendah. Inilah motifasi besar kami mengapa SMP 1 UI, bertekat harus UNBK,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY