Irwandi Gugat Kecurangan Pilkades Lito ke Pengadilan

0
754
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Irwandi HS, Calon Kepala Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu, yang kalah pada Pilkades Lito lalu, melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa, pasalnya Pilkades tersebut dinilainya terjadi kecurangan.
Irwandi HS bersama puluhan masyarakat Desa Lito datang ke PN Sumbawa, mendaftarkan gugatantannya terkait dengan dugaan kecurangan yang terjadi pada Pilkades Lito.
Gugatan tersebut diterima oleh Panitra Muhammad Saleh, SH yang didampingi oleh salah seorang Hakim Agus Supriono SH, di Ruang Sidang Utama.
Ketua Tim Pemenangan Irwandi, Sukiman, S.Pdi kepada Gaung NTB, menyampaikan bahwa penyampaian gugatan tersebut merupakan tindak lanjut dari berbagai upaya yang ditempuh, baik laporan pengaduan yang disampaikan di tingkat Panwas maupun laporan pengaduan kepada pihak kepolisian.
Bahan masalah Pilkades Lito menurut Sukiman, juga sudah disapaikan kepada Bupati Sumbawa, untuk meninjau kembali hasil Pilkades Lito, agar permasalahan tersebut menjadi lebih terang bendrang.
Sementara terkait dengan gugatan ke PN Sumbawa, menurut Sukiman, merupakan salah satu upaya yang dinilanya efektif untuk membuktikan berbagai kecurangan dan pelanggaran yang terjadi, untuk menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang bersih, jujur adil dan transparan dimata hukum, “Biarlah hukum yang menentukan kebenaran yang sesungguhnya,” tandasnya
Terkait dengan materi gugatannya, Sukiman memaparkan bahwa ada beberapa poin gugatan yang disampaikan yakni masih terkait dengan adanya manipulasi daftar pemilih tetap, pemilih yang menggunakan KK dan KTP, pemilih yang dibawah umur (dilebihkan umurnya), dan adanya penggelembungam suara.
“Beberapa poin tersebut menjadi alasan gugatan tersebut beserta alat buktinya,” jelasnya.
Sukiman Berharap dengan adanya gugatan itu, diharapkan dapat menjadi proses pembelajaran bagi masyarakat dan khususnya generasi mudah bahwa demokrasi yang sesungguh bukanlah seperti yang terjadi di Pilkades Lito. “Kami berharap agar proses persidangan dapat dipercepat.,” harapnya.

loading...

LEAVE A REPLY