Desa Sebasang Gelar Festival ‘Suar Teja Raboran’

0
1098
loading...
loading...

Moyo Hulu, Gaung NTB
Untuk melestarikan budaya, Kecamatan Moyo Hulu menggelar Festival Suar Teja Raboran yang berlangsung di Desa Sebasang Kecamatan Moyo Hulu, Sabtu (3/9). Kegiatan tersebut melibatkan para seniman dan sanggar seni yang ada di Kecamatan Moyo Hulu.
Ketua Panitia, Mus Mulyadi, menyampaikan Raboran memiliki nilai sejarah yang panjang tentang kisah kasih, romansa, nilai kesatuan dan juga mempunyai nilai sejarah perjuangan Tana Samawa. Dan Festival Suar Teja Raboran, jelasnya menampilkan berbagai atraksi dari sanggar-sangar seni yang ada.
Perlu diketahui katanya, kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap para seniman dan budayawan di tengah masyarakat. Disampaikan pula, bahwa sebelumnya mereka sudah mengelar Pawai Budaya dan mendapat respon dari seluruh lapisan masyarakat.
Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Sumbawa (DKS) Ir H Iskandar MDEc Dev, menyampaikan rasa bangga, apalagi even tersebut merupakan perdana digelar di Desa Sebasang. “Kami melihat ada geliat yang luar biasa semangat berkesenian seniman muda di Kabupaten Sumbawa,” katanya.
disampaikan H Ande—sapaan Ketua DKS, bahwa apabila menyimak, meneliti dan mengkaji konsep berkesenian di Sumbawa, amak akan diperoleh fakta telah terjadi pergeseran dari produk senimanya, namun patut disyukuri nilai-nilai terwariskan dari produk kesenian masih dapat terselamatkan sampai hari ini.
Oleh karena itu H Ande, menyampaikan apresiasi kepada para tokoh budaya, orang tua yang masih bersemangat mewariskan nilai budaya dan tradisi hingga hari ini dapat saksikan bersama pagelaran seni budaya di Sebasang Kepada generasi muda, H Ande, berharap agar memelihara warisan ini kepada generasi berikutnya.
“Sesungguhnya kita tidak bisa pungkiri bahwa konsep kebudayaan adalah konsep perubahan, tetapi harus juga membawa prinsip- prinsip kelestarian,” paparnya.
Oleh karena itu diharapkan para orang tua yang masih menyimpan informasi tentang adat istiadat dan budaya-budaya local, agar diinformasikan kepada generasi muda supaya ilmunya terwariskan.
Sementara itu Bupati Sumbawa yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, H Yahya Adam BA menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada panitia dan masyarakat yang ikut mensuksesnya kegiatan ini yang nantinya akan menunjang pembangunan di segala bidang.
Pagelaran Seni budaya jelasnya, sebagai bagian upaya bersama dalam mempertahankan tradisi budaya daerah di tengah arus globalisasi. Disadari katanya, betapa pentingnya memelihara nilai-nilai dalam rangka memperkokoh jati diri sebagai Tau Samawa, yang akan memberikan corak pembangunan 5 tahun kedepan, dalam mewujudkan Sumbawa yang hebat dan bermartabat.
Untuk itu dalam penyelenggaraan even tersebut H Yahya, berharap agar seni budaya ini benar-benar menjadi milik masyarakat, sehingga timbul kecintaan yang pada akhirnya memberikan dampak positif bagi peningkatkan karakter mayarakat Sumbawa. “Semoga seluruh komponen masyarakat Sumbawa khususnya Desa Sebasang bisa semakin peduli terhadap tata nilai dan seni budaya Samawa,” harapanya.

loading...

LEAVE A REPLY