DEMO HMI DI KEJAKSAAN NYARIS BENTROK

0
355
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sedikitnya 38 orang mahasiswa yang tergabung di bawah bendera Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Sumbawa Jum’at (23/09) kemarin melakukan aksi demo damai dengan berjalan kaki dari Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar menuju Mapolres dan Kejaksaan Negeri Sumbawa guna mendesak penuntasan kasus pencemaran nama baik terhadap HMI yang dilakukan Saut Situmorang. Namun aksi massa HMI tersebut nyaris bentrok dengan sejumlah aparat Kepolisian saat memaksa diri untuk membuka gerbang kantor Kejaksaan di Jalan Manggis Sumbawa Besar tersebut, akibat miss komunikasi. Namun akhirnya suasana mencair setelah Kajari Sumbawa diwakili Kasi Intel Jaksa Erwin Indrapraja SH MH memfasilitasinya untuk melakukan dialog dengan massa HMI di ruang pos pelayanan hukum gedung Kejari.
Korlap aksi Suryanto dan Ketua HMI Sumbawa Rahmad Ramdani melakukan orasi di depan Mapolres dan kantor Kejari Sumbawa dan berakhir dengan dialog di ruang pos pelayanan hukum Kejaksaan itu, dengan menuntut aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas sejumlah kasus yang terjadi di Republik tercinta ini antara lain adanya kasus pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Saut Situmorang yang telah mengeluarkan pernyataan tendensius di Jakarta dengan mengatakan “orang HMI semuanya korupsi”, hingga menimbulkan keberatan dan aksi demo seluruh kader HMI di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sumbawa.
“Ketika rekan kami ketua HMI Maluku melakukan protes, justru menjadi korban pemukulan saat melakukan aksi demo damai di Maluku, termasuk pembakaran logo HMI di Makasar. Karena itu hal ini harus diusut tuntas pelakunya, tandas Suryanto dan Rahmad Ramdani seraya meminta kepada penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus suap Innospec ke Pertamina Bank Century, kasus BLBI dan sejumlah kasus korupsi lainnya dengan menangkap dan memproses para tersangka korupsi, lawan penguasa zalim – lawan oknum pejabat malas – lawan korupsi.
Kasi Intel Kejari Sumbawa Jaksa Erwin Indrapraja SH MH ketika melakukan dialog dengan puluhan massa HMI Sumbawa tersebut menyatakan kalau dirinya juga adalah alumni HMI, dimana orang HMI itu adalah orang yang terpelajar (intelektual) dengan melakukan aksi demo damai yang terorganisir dengan mengedepankan etika sopan santun, oleh karena itu dia memberikan apresiasi kepada adik-adik HMI Sumbawa yang telah datang menyampaikan sejumlah aspirasinya dengan cara santun dan elegan serta apa yang disampaikan tentu akan ditindaklanjuti dengan menyampaikan laporan kepada atasannya sesuai dengan prosedur yang ada.
Aksi demo dan dialog massa HMI Sumbawa yang mendapat pengawalan ketat puluhan aparat Kepolisian Resort Sumbawa dibawah komando Ipda Polisi Legiman itu berakhir dengan damai aman dan lancar serta puluhan massa HMI Sumbawa membubarkan diri dengan tertib.

loading...

LEAVE A REPLY