Bulan Ini Kemendikbud Gelar Diklat Guru Pembelajar

0
1155
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Mulai bulan September ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, akan melaksanakan kegiatan Diklat Guru Pembelajar. Lantas apa itu Guru Pembelajar.
Menurut Kasi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) SMP Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Sutan Syahril, SSos, Guru Pembelajar ini adalah guru ideal yang selalu meng Up Grade kemampuannya setiap saat dan dimana pun berada.
Lalu siapakah peserta Diklat Guru Pembelajar ini. Yang berhak mengikuti kegiatan ini adalah, guru yang telah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015.
Guru-guru kata Sutan Syahril, dapat melihat hasil UKG lewat akun Guru Pembelajar dengan memasukan nomor peserta UKG, dengan paswod tahun kelahiran. “Nanti di akun ini akan dikeluarkan nilai guru bersangkutan,” ujarnya.
Nantinya sambungnya, kekurangan nilai yang tercantum di akun itulah yang akan diperbaiki melalui kegiatan Diklat ini. “Kalau yang kurang nilainya ini hanya satu komponen, hanya komponen itu yang diperbaiki,” terangnya.
Disebutkannya ada tiga model yang diterapkan dalam Diklat ini yakni mandiri, kombinasi serta tatap muka.
Model diklat mandiri dilaksanakan oleh guru-guru yang menyelesaikan 3—5 modul. Sementara model diklat kombinasi diperuntukkan bagi guru yang menyelesaikan 6-7 modul. Sedangkan model diklat tatap muka, untuk guru yang menyelesaikan 8-10 modul. “Idealnnya semua guru harus ikut. Tinggal kategori mana yang dipilih nanti,” tandasnya.
Berapa peserta yang akan mengikuti Diklat ini, belum diketahui jumlahnya. Ini dikarenakan Dinas Diknas Sumbawa, masih melakukan pengumpulan data guru.
Diklat Guru Pembelajar ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Muara dari kegiatan ini, akan ada ujian akhir untuk mengetahui hasil diklat yang didaat oleh para guru. “Kalau tidak ada perubahan kita tunggu saja kebijakan lebih lanjut dari pusat, mau diapakan guru ini,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY