PT Newmont Nusa Tenggara

KANTOR DESA DISEGEL TOLAK PELANTIKAN KADES LITO TERPILIH

Moyo Hulu, Gaung NTB
Sekitar 9 orang warga masyarakat Desa Lito dipimpin Halim Perdana Kusuma tokoh muda setempat, pendukung calon Kades Irwandi HS, melakukan aksi penyegelan Kantor Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu Sumbawa, Sabtu (24/9).
Pintu kantor desa dipalangi menggunakan kayu dan rantai gembok. Aksi ini mendapat reaksi puluhan massa pendukung Kades terpilih Maswarang yang tidak terima dengan aksi penyegelan tersebut dan meminta pihak Kepolisian untuk memprosesnya sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.
Penyegelan Kantor Desa Lito itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wita untuk menolak dilakukannya pelantikan terhadap Maswarang Kades terpilih Lito oleh Bupati Sumbawa karena dinilai masih sedang dalam proses hukum di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar maupun di Kepolisian Resort Sumbawa. Kasus perbuatan melawan hukum (PMH) yang diajukan penggugat Irwandi HS didampingi kuasa hukumnya Advocat Sobaruddin SH terhadap para tergugat Panitia Pelaksana Pemilihan Kades Lito dan Maswarang Kades Lito terpilih baru memasuki proses sidang perdana dengan agenda pembacaan gugatan penggugat Kamis (22/09) dan dilanjutkan kembali Selasa (27/09) untuk memberikan kesempatan kepada para tergugat menyampaikan jawaban (Eksepsi) dan tanggapan balik (replik) Penggugat Irwandi HS Jum’at (30/09). Begitu pula di kepolisan, proses penyelidikan masih berjalan.
Ketua Kaukus Muda Sumbawa Sukiman kepada Gaung NTB Minggu (25/09) kemarin menyatakan penyegelan kantor Desa Lito tersebut dilakukan merupakan akumulasi dari kekecewaan warga masyarakat pendukung Calon Kades Irwandi HS, karena pelaksanaan Pilkades Lito dinilai masih bermasalah dan sedang dalam proses hukum baik di Pengadilan maupun di Kepolisian, karena itu sebaiknya Pemda Sumbawa menghormati proses hukum yang sedang berjalan dengan menunda pelaksanaan pelantikan Kades terpilih sampai dengan adanya keputusan yang berkekuatan hukum tetap (Inkrach), demi menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah khususnya di Desa Lito.
Dari hasil pertemuan khusus kaukus muda Sumbawa dengan Bupati Sumbawa di Pendopo Sabtu malam Minggu (24/09) kemarin terang Sukiman, berbagai hal telah dibicarakan berkaitan dengan persoalan yang terjadi atas pelaksanaan Pilkades Lito hingga berujung keproses hukum kepada pihak Kepolisian dan gugatan perdata perbuatan melawan hukum (PMH) di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar, sehingga Pemda Sumbawa yang semula berencana akan melakukan pelantikan terhadap seluruh Kades terpilih Senin (26/09) ditunda sampai dengan Senin 10 Oktober 2016 mendatang, ujarnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply