Sumbawa

Belum Penuhi Daya Tampung, Sejumlah Sekolah Tetap Terima Calon Siswa Baru

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Pendaftaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2016/2017, memang sudah resmi ditutup dan mulai Senin (18/7), semua sekolah sudah memasuki tahun pelajaran baru dan telah memulai kembali aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti biasanya.

Namun, ternyata sebagian sekolah masih ada yang tetap membuka diri untuk menerima siswa baru.
Belum terpenuhinya daya tampung menjadi alasan utama pihak sekolah menerima siswa baru, kendati pelaksanaan PPDB sendiri telah ditutup.

Tidak hanya sekolah swasta. Sekolah negeri pun ternyata masih ada yang tetap menerima siswa baru, demi memenuhi daya tampung yang telah disediakan.

Ibarat organ tubuh manusia, kehadiran siswa baru ini bak jantung bagi keberlangsungan pendidikan di sekolah bersangkutan.

Berbicara masalah siswa baru, mungkin sekolah swasta lah yang saat-saat ini paling membutuhkan. Tidak heran ada diantara sekolah swasta ini, yang membuka pendaftaran tanpa batas waktu yang ditentukan, dengan harapan calon siswa baru yang tidak diterima di sekolah tertentu dapat melanjutkan pendidikannya di sekolah tersebut.

Kebijakan ini sepertinya wajar diterapkan sekolah swasta, karena merekalah yang paling menjerit saat PPDB dibuka. Bayangkan terkadang mereka (sekolah swasta) hanya mampu mendapatkan calon siswa baru satu kelas. Itu pun jumlahnya tidak seberapa.

Ditemui Gaung NTB, Senin (18/7), Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, M Ali, HK, SPd, MPd, mengakui masih ada sekolah yang membuka pendaftraan siswa baru ini.

Belum terpenuhinya daya tampung kata Ali, menyebabkan pihak sekolah tetap menerima siswa baru dan itu sangat dimaklumi oleh Dinas Diknas. “Kalau prinsip Diknas jangan sampai ada anak yang putus sekolah. Tapi kita tetap berharap penerimaan siswa baru ini tetap mengacu pada Juknis PPDB,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close