13 Pendamping UEP Desa Pesisir Lolos Seleksi

0
1791
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Sebanyak 13 pendamping desa wilayah pesisir berhasil lolos seleksi yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial beberapa waktu lalu. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos), Syarifah SSos, MSi saat ditemui Gaung NTB, Selasa (12/7).

Disebutkan Ipok—sapaan akrabnya, ada 7 pendamping desa pesisir di Kecamatan Labuhan Badas dan 6 pendamping di Kecamatan Utan, yang berhasil terpilih.

Menurutnya, perekrutan pendamping desa wilayah pesisir tersebut sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam memverifikasi data lapangan by name by address masyarakat, yang menerima bantuan di 2 desa yakni Desa Pukat Kecamatan Utan dan Desa Labuan Aji Kecamatan Labuhan Badas. “Kami sudah memberikan instrumen kepada para pendamping, agar segera melakukan kordinasi dengan kepala desa dan camat diwilayah setempat,” ujarnya.

Dijelaskannya, ada 3 program yang diberikan Kementerian Sosial melalui Direktur pengentasan kemiskinan dan penanganan fakir miskin pesisir pulau-pulau kecil dan perbatasan antar Negara sebagai tugas pendamping memantau dan memverifikasi yakni program Usaha Ekonomi Produktif (UEP), program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan program peningkatan Sarana Lingkungan (Sarling). Untuk rumah tidak layak huni tahun ini sambungnya, ada peningkatan bantuan dari Rp 10 juta sampai Rp 15 juta per satu rumah.

Ia brharap semoga program-program pengentasan kemiskinan dan penanganan fakir miskin di wilayah pesisir ini dapat berjalan lancer, karena arahnya kedepan dihajatkan untuk kemandirian masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sumbawa.

loading...

LEAVE A REPLY