Dinas Pertanian Ikuti Panen Raya Jagung

0
1279
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikulkutara mengikuti panen raya yang diselenggarakan kelompok tani desa Telaga kecamatan Lenangguar, Kamis (26/5). Kegiatan tersebut juga diikuti Sekretaris Daerah Sumbawa, Dinas PU, Kepala BP4K, kepolisian dan TNI. Panen raya tersebut bertujuan membuktikan bahwa daerah tersebut telah berhasil menanam jagung dengan luas mencapai ratusan hektar.

Panen raya tersebut diiringi pula dengan penyerahan penghargaan ke petani yang memberi teladan dan semangat ke masyarakat desa Telaga. Penghargaan diserahkan langsung Sekda Sumbawa H Rasyidi, dan hadiah dari Kadis Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikulkutara, Ir Talifuddin MSi dalam penyampaiannya mengatakan berhasilnya penanaman jagung oleh petani di Lenagguar tidak terlepas dari kontribusi Camat Lenangguar serta semangat para petani sehingga hasilnya bisa dipetik, terbukti dengan berhasilnya pola penanaman jagung.

Terkait penanaman tahun depan, Dinas Pertanian siap untuk membantu petani dengan memberikan bibit jagung, dengan catatan diusulkan terlebih dahulu pihak pertanian. “Mudah-mudahan para petani tetap semangat bahkan bisa meningkatkan jumlah produksi jagungnya. Bagi petani yang belum mananam jagung agar tergugah hatinya dengan melihat keberhasilan para petani yang sudah menanam jagung,” papar Talifuddin.

Sambungnya, keberhasilan penanaman jagung di Lenagguar merupakan kebanggaan bagi Dinas Pertanian, karena telah berhasil meningkatkan jumlah produksi tanaman jagung, juga menambah penghasilan masyarakat.
Banyak kecamatan-kecamatan lain yang belum termotivasi akan keberhasilan penanaman jagung, untuk itu bagi petani yang berhasil diharapkan tahun berikutnya bisa lebih bersemangat, bahkan bisa menambah luas lahan jagungnya. Lenangguar sangat berpotensi akan keberhasilan dalam penanaman jagung, tuturnya.

Sementara itu Camat Lenangguar, Thajuddin SH menyampaikan bahwa panen raya ini merupakan inisiatif kelompok tani, yang ingin memperlihat keberhasilan mereka dalam penanaman jagung. Disinggung masalah anggaran, semuanya disiapkan oleh kelompok tani. “Mereka bergotong royong untuk mengadakan panen raya. Jadi itulah semangat yang ditunjukan para petani. Mudah-mudahan pada tahun berikutnya akan ada bantuan yang diberikan Dinas Pertanian ke para petani jagung”, ujarnya.

panen raya sumbawa 2Dalam kesempatan tersebut, Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi mengapresiasi apa yang telah dilakukan para petani dan Camat Lenagguar. Sekda Sumbawa berharap tahun berikutnya masyarakat Lenagguar, khususnya desa Telaga, bisa meningkatkan jumlah areal tanam, dari ratusan hektar bisa meningkat hingga 2000 hektar.
Dengan berhasilnya penanaman jagung di Lenangguar membuktikan bahwa unsur pemerintahan kecamatan, khususnya Camat Lenangguar telah berhasil, karena dimanapun bertugas selalu berhasil memotivasi masyarakat dalam melakukan penanaman jagung. Semua itu tidak lain bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY