Sumbawa

Iringan Perahu Mengarak Ziarah Tambora Menuju Gili Tapan

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Panitia Ziarah Tambora Taufik Rahzen yang ditemui di Gili Tapan belum lama ini mengatakan, Ziarah Tambora merupakan bagian dari Festival Pesona Tambora 2016, dimana Ziarah Tambora lebih pada kegiatan budaya dan merasakan langsung apa diberikan alam, lain daripada Tambora Challange yang lebih ke fisik dan olahraga. Festival Pesona Tambora antara olah raga dan olah rasa, akan tetapi kedua kegiatan tersebut berjalan dari Kuta Lombok sampai kota Bima. Adapun tujuan Ziarah Tambora kali ini ialah pertujuan budaya, penciptaan kreatif dan merespon alam.

Lanjutnya, Ziarah Tambora melibatkan 40 seniman dari Indonesia dan mancanegara. Seniman yang ikut meramaikan Ziarah Tambora antara lain sutradara film Garin Nugroho dan Ayu Laksmi pada 12-13 April nanti. Ada sembilan lokasi yang akan dilewati Ziarah Tambora, yakni Kuta Lombok, pulau Kenawa, Sumbawa Besar, Gili Gambus, Gili Tapan, Gili Ngali, pulau Satonda, Labuan Kenanga, Doro Canga dan kota Bima.

Dari sembilan lokasi tersebut terdapat acara refleksi, seminar dan pertunjukan seni. Untuk seni pertunjukan tetap menyandingkan beberapa kesenian dan adat setempat dengan kesenian dari berbagai benua. Dengan demikian para seniman yang ikut serta merasa lebih dekat dengan masyarakat lokal yang dikunjungi, seperti perpaduan kelompok Gambus dari Tarano yang berkolaborasi dengan kelompok seni yang dipimpin Mustofa Debu. Selain itu, para peserta dan penonton sama-sama memiliki kegiatan tersendiri.

Sementara itu ditempat yang sama, salah satu seniman dan sekaligus aktor senior Ray Sahetapy menambahkan,.kegiatan saat ini merupakan kegiatan luar biasa, akan tetapi kegiatan ini bukan saja untuk saat ini saja, melainkan akan ada kelanjutannya. Ditambahkannya, yang terpenting dalam kegiatan ini, peserta maupun masyarakat secara umum dapat memahami arti keseimbangan alam yang ada selama ini, termasuk memberikan pendidikan kepada anak cucu bukan saja di dalam ruang kelas, juga penting pengenalan diri terhadap alam terbuka. Sepanjang perjalanan yang dilalui dalam Ziarah Tambora ini, ia sangat takjub akan keindahan alam serta pulau- pulau yang terdapat di Sumbawa.

Dari pantauan Gaung NTB di lokasi, para peziarah disambut antusias ratusan masyarakat desa Labuan Sangoro Kecamatan Maronge. Masyarakat Sangoro telah menunggu sejak pagi dengan puluhan perahunya yang telah siap mengantarkan peziarah ke Gili Gambus dan Gili Tapan. Di Gili Tapan para peserta Ziarah Tambaora menginap sebelum melanjutkan perjalanan ke Dompu, Bima dan Kota Bima. (*)

Tags
Show More

Related Articles

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close