RUMPUT LAUT NTB DIMINATI REPUBLIK BELARUS

0
836
loading...
loading...

Mataram, Gaung NTB – Rumput laut yang dibudidayakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat menarik parhatian dan minat negara Republik Belarus.

Duta besar Vladimir Lopato Zgorsky di Mataram, Jumat, mengatakan negaranya akan menjajaki kerja sama engan Pemerintah Provinsi NTB terkait potensi rumput laut tersebut.

“Kami kagum dengan Kota Mataram, keindahan alam dan orang NTB. Rumput laut merupakan potensi yang bagus untuk dikembangkan,” kata Vladimir Lopato Zgorsky bersama Duta Besar Georgia, Zurab Aleksidze, saat menemui Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi di ruang tamu kantor gubernur (11/3).

Ia menuturkan, tidak hanya rumput laut yang menjadi perhatian negaranya, tetapi potensi kopi yang dimiliki daerah ini juga menjadi atensi khusus Duta Besar Republik Belarus untuk Indonesia tersebut guna bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB.

“Ini akan menjadi atensi khusus, untuk bisa bekerja sama dengan NTB,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Georgia untuk Indonesia, Zurab Aleksidze mengungkapkan keinginannya mengembangkan “sister city” sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Lombok.

Georgia juga memiliki kegiatan wisata yang terkenal di dunia, salah satuny adalah “Ajara”.

“Kami berharap kita dapat menentukan kawasan mana yang dapat dikembangkan sebagai sister city itu,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi menyambut baik pengembangan potensi daerah yang melibatkan pengusaha atau investor lain.

Karena, menurut gubernur, potensi negara lain, terutama Georgia akan dilakukan studi khusus terkait manajemen destinasi wisata.

“Tentu kita sebagai daerah yang sedang mengembangkan daerah wisata perlu belajar manajemen pariwisata seperti apa, karena pariwisata itu tidak hanya mengandalkan keindahan alam, tetapi juga bagaimana mengelolanya dengan baik,” jelasnya.

Salah satu bentuk yang dilakukan pemerintah daerah, yakni membangun infrastruktur, membangun suprastruktur, regulasi dan fasilitas lain yang dibutuhkan untuk menanmkan investasi.

Sedangkan untuk Republik Belarus yang terkenal dengan bidang pertanian dan rumput laut, gubernur berharap ada perluasan jaringan pemasaran terhadap hasil rumput laut yang dihasilkan NTB.

“Kalau selama ini pasar rumput laut kita hanya terbatas ke Korea atau Hong Kong dan Tiongkok, maka kalau ada pasar baru dan potensial, itu bagus untuk budidaya rumput laut di NTB,” kata gubernur. (Ant)

loading...

LEAVE A REPLY