Meski BBM Turun, Tarif Angkutan di Sumbawa Masih Tetap

0
1003
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Meski harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premium sudah diturunkan pemerintah awal Januari 2016 lalu, tapi pengusaha angkutan kota di Sumbawa belum menurunkan tarif angkutan.

“Kami belum menurunkan tarif bus karena belum ada petunjuk dari Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sumbawa, sehingga masih menerapkan tarif lama,” kata Ketua Persatuan Angkutan Kota Sumbawa (PANGKAS) Yan Setiadi, Kamis (7/1).

Yan Setiadi mengatakan, pada prinsipnya pengusaha angkutan kota di Sumbawa siap menurunkan tarif angkutan jika sudah ada keputusan resmi dari DPD Organda dan Dishubkominfo. “Jadi, kita masih menunggu keputusan resmi. Pada prinsipnya kami siap menurunkan tarif angkutan sesuai keputusan pemerintah dan jika sudah ada keputusan kita segera menggelar rapat dengan pengusaha angkot,” ujarnya.

Lanjut Yan Setiadi, pengaruh harga BBM bersifat tidak tetap dan bisa saja naik turun. Karena itu, menurutnya, tidak bisa langsung menurunkan tarif angkutan meski pemerintah pusat telah menetapkan penurunan harga.

“Pertimbangannya banyak. Kalau hanya BBM turun tapi onderdil-onderdil tidak turun, kita susah untuk menurunkan tarif. Untuk turunkan tarif bukan hanya BBM, ada faktor-faktor lainnya yang harus dipertimbangkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa belum dapat dikonfirmasi terkait tarif angkutan di daerah ini pascapenurunan harga BBM oleh pemerintah pada awal tahun ini.

loading...

LEAVE A REPLY