Segudang Manfaat BPJS Kesehatan Yang Harus Kamu Tau

0
1770
loading...
loading...

BPJS Kesehatan saat ini telah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kemudahan di dalam mendapatkan layanan kesehatan. Mungkin beberapa diantara Anda belum memahami benar apa saja sebenarnya manfaat yang akan didapat setelah mengikuti program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Padahal penyelenggara jaminan sosial kesehatan ini memberikan aneka manfaat secara komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap peserta.Upaya pelayanan yang diberikan juga meliputi suatu tindakan promotif, kuratif, preventif dan rehabilitative. Beberapa manfaat berikut ini dapat Anda rasakan setelah menjadi peserta dari Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan ini.

 

Pelayanan kesehatan di tingkat pertama

Pelayanan tingkat pertama merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan peserta di puskesmas, praktik dokter, klinik maupun kelas D serta termasuk pada pelayanan kesehatan bukan (non) spesialistik yang mencakup:

  1. Administrasi pelayanan.
  2. Pelayanan preventif dan promotif yaitu penyuluhan kesehatan perorangan.
  3. Pemeriksaan, pengobatan sekaligus konsultasi medis.
  4. Tindakan medis yang dilakukan secara non spesialistik, baik operatif ataupun non operatif (cabut gigi, rawat luka dan lain-lain).
  5. Pelayanan obat maupun bahan medic habis pakai.
  6. Transfusi darah yang disesuaikan dengan kebutuhan medis.
  7. Pemeriksaan sebagai penunjang diagnosis laboratorium di tingkat pertama.
  8. Rawat inap pada tingkat pertama sesuai dengan indikasi.

 

Pelayanan kesehatan rujukan ke tingkat lanjutan

Dalam pelayanan di tingkat lanjutan ini dilakukan di klinik spesialis, RS khusus, RS umum dan bersifat spesialistik. Pelayanan dalam tingkat lanjutan ini sendiri mencakup:

 

  1. Rawat jalan yang meliputi:
  • Administrasi pelayanan.
  • Pemeriksaan, pengobatan hingga konsultasi spesialistik yang dilakukan bersama seorang dokter spesialis maupun subspesialis.
  • Tindakan medis secara spesialistik dengan indikasi medis serta non bedah (operasi caesar, fungsi parudan lain sebagainya).
  • Pelayanan obat beserta bahan medis yang bersifat habis pakai.
  • Pelayanan peralatan kesehatan implant.
  • Pelayanan tunjangan diagnosis lanjutan disesuaikan dengan indikasi medis seperti USG, CT scan, endoskopidan lain sebagainya.
  • Rehabilitasi medis.
  • Pelayanan darah.
  • Pelayanan kedokteran forensik.
  • Pelayanan jenazah pada fasilitas kesehatan.

 

Selain rawat jalan, dalam pelayanan kesehatan tingkat lanjutan semua peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan juga akan mendapatkan pelayanan rawat inap. Untuk pelayanan di tingkat lanjut rawat inap ini meliputi:

  1. Perawatan inap secara non intensif.
  2. Perawatan inap yang dilakukan di ruangan intensif.
  3. Pelayanan kesehatan lainnya yang sudah ditetapkan Menteri.

 

Manfaat untuk keluarga

Manfaat pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan juga akan dirasakan beberapa anggota keluarga antara lain yaitu:

  1. Suami atau istri yang sah dari peserta yang sudah mendapatkan tunjangan suami atau istri, dimana daftar suami atau istri sah yang tercantum di dalam slip gaji dan termasuk juga di daftar penerima dana pensiun.
  2. Anak kandung/tiri/angkat yang sah dan tercantum dalam slip gaji. Harus termasuk sebagai daftar penerima pensiun, belum berusia 21 tahun atau berusia 21 tahun hingga 25 tahun namun tercatat masih mengikuti pendidikan formal, belum berpenghasilan, belum menikah serta masih menjadi tanggungan dari peserta.
  3. Jumlah maksimal anak yang ditanggung adalah 2 anak sesuai urutan tanggal lahir, sementara anak angkat maksimal 1.

Penggunaan kartu-kartu jaminan kesehatan sosial yang lainnya (dikeluarkan oleh pemerintah) juga masih dapat digunakan. Ada begitu banyak kemudahan yang akan didapatkan dari menggunakan BPJS kesehatan, baik itu dari pendaftaran sampai dengan penggunaannya. Hal ini dikarenakan fasilitas layanan tunjangan juga sudah sangat dipermudah, salah satunya dapat dilakukan melalui offline dan online.

 

loading...

LEAVE A REPLY