Puskemas Batu Lanteh Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan PNS

0
638
loading...
loading...

Sumbawa Besar Gaung NTB – Dari luas wilayah dan kondisi Geografis yang sulit di Kecamatan Batu Lanteh, sudah barang tentu menjadi tantangan besar bagi para petugas kesehatan yang tersebar di 6 desa dan 27 dusun.

Menurut KUPT Puskesmas setempat, Muhammad Wahyuddin, dari 65 tenaga medis yang tersebar di Kecamatan Batu lanteh, 19 orang merupakan tenaga PNS. Sementara 46 sisanya merupakan tenaga sukarela.

Bandingkan dengan jumlah penduduk yang mencapai 10.800 jiwa. Ia menegaskan seharusnya ada penambahan petugas kesehatan dengan status PNS, minimal dalam 1 desa 2 tenaga PNS yang dibantu tenaga sukarela.
Namun yang terjadi untuk saat ini, masih mengandalkan tenaga sukarela karena keterbatasan personil lapangan.

Terkait fasilitas dan sarana pendukung seperti kendaraan operasional sambungnya, sejauh ini belum ada kendala termasuk sarana pendukung seperti Postu, Polindes dan Puskesdes. “Kami berharap ada penambahan petugas PNS serta penambahan anggaran operasional untuk daerah yang sulit, menginggat sebagian besar tenaga sukarela masih mengandalkan dana dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK),” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY