Pemda Sumbawa Peringati Hari Pahlawan dan 5 Hari Besar Lainnya

0
587
loading...
loading...

Sumbawa Besar , Gaung NTB – Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar peringatan Hari pahlawan yang dirangkaikan dengan lima hari besar lainnya, meliputi Peringatan Sumpah Pemuda Ke-87, Hari Guru Ke-70, Hari Ulang Tahun KORPRI Ke-44, Hari Kesehatan Nasional Ke-51 dan Hari Ikan Nasional Ke-2 Tahun 2015.

Sementara itu Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik yang memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan dalam amanatnya, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang kepada seluruh komponen masyarakat khususnya para aparatur sipil negara yang telah bersama-sama bekerja keras dan menghasilkan karya aktual membangun Sumbawa menjadi kabupaten yang diperhitungkan di tingkat regional maupun nasional.

Indonesia sebagai negara maritim kata JM—sapaan akrab Bupati Sumbawa, memiliki sumber daya kelautan yang melimpah, namun disisi lain Indonesia masih kekurangan gizi, khususnya konsumsi ikan.

Agar sejalan dengan orientasi pembangunan nasional saat ini yang berbasis kemaritiman, kata JM, maka peringatan Hari Ikan Nasional menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional.

Menyinggung haru-haru, JM menyampaikan bahwa keberhasilan anak didik dan generasi muda saat ini tidak terlepas dari peran besar guru, untuk itu JM juga menyampaikan apresiasi atas peran para guru yang telah mendidik anak-anak menjadi generasi yang handal dan berkarakter.

“Guru telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan dan menguatkan pilar ketahanan moral, manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa,” paparnya.

Untuk diketahui kata JM, bahwa pemerintah daerah telah berupaya mendukung kinerja para guru melalui pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Selain itu juga selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sumbawa.

“Capaian keberhasilan ini mustahil dapat diraih tanpa dukungan semua elemen masyarakat Sumbawa seperti para guru, para pensiunan pegawai, tenaga medis, aparatur sipil negara, TNI/POLRI dan seluruh komponen masyarakat lainnya,” katanya.

Sementara terkait dengan tema Hari Pahlawan tahun 2015 yaitu “Wujudkan Semangat Kepahlawanan Dengan Bekerja, Berkarya, Peduli dan Berbagi untuk Sesama“, JM mengajak semua pihak untuk menjadikan pelajaran semangat patriotik para pahlawan untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari yakni mengabdi bagi kemajuan bangsa, negara dan daerah dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia”, tuturnya.

Sebelumnya telah digelar Ziarah Makam di Taman Makam Pahlawan yang dipimpin oleh Kapolres Sumbawa, dan Upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Badas dipimpin oleh Dandim 1607 Sumbawa. Selain itu juga sebelum upacara peringatan berlangsung juga dilakukan penyematan PIN Angka Kematian Ibu Nol (AKINO) kepada 3 orang bidang yang merupakan tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi NTB tahun 2015.

Selain itu pada kesempatan yang sama juga diberikan apresiasi terhadap tenaga kesehatan lainnya seperti tenaga dokter (dokter gigi), 3 orang tenaga perawat/bidan. Kemudian apresiasi juga diberikan kepada 3 orang kategori tenaga nutrisionis dan 3 orang tenaga kesehatan masyarakat. Selain itu juga diberikan penghargaan terhadap 15 orang pemenang pemilihan pemuda pelopor tingkat kabupaten, provinsi dan nasional oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Tahun 2015, serta penghargaan/pemberian bantuan berupa santunan kepada 6 orang janda pahlawan tahun 2015.

loading...

LEAVE A REPLY