KPUD KSB Fasilitasi 214 Penyandang Disabilitas Ikut Memilih

0
520
loading...
loading...

Taliwang,Gaung NTB – Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yang berjumlah 90.428 orang, sebanyak 214 diantaranya adalah pemilih penyandang Disabilitas.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, tetap akan memfasilitasi mereka untuk dapat menyampaikan haknya pada Pilkada serentak tanggal 9 Desember mendatang.

Menurut Divisi Tehnis dan Penyelenggara Pilkada, Fahroni, SH, pihaknya bakal menyiapkan petugas untuk membantu pemilih Disabilitas ini. “Setiap warga negara berhak memilih, termasuk penyandang Disabilitasi maupun Difabel. Kita akan layani mereka semaksimal mungkun,” ujarnya.

Dijelaskan Fahroni, berdasarkan jenisnya penyandang Disabilitas ini seperti tuna fisik, tuna netra, tuna rungu dan gangguan jiwa. Mereka teersebar diseluruh wilayah di KSB.

Kecamatan Poto Tano, paling tinggi memiliki Disabilitas ini sebanyak 96 orang, disusul Kecamatan Taliwang (37 pemilih), Kecamatan Seteluk (26 pemilih), Brang Ene (22 pemilih), Brang Rea (16 pemilih) Kecamatan Jereweh (14 pemilih).

Khusus penyandang disabilitas Tuna Netra sambungnya, KPU akan menyiapkan alat bantu berupa template untuk membaca surat suara. Nantinya di dalam alat tersebut, diselipkan surat suara yang di atasnya terdapat huruf braille.

loading...

LEAVE A REPLY