Sumbawa

KPU Sumbawa Siapkan Debat Kandidat Putaran Terakhir

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Setelah menuai kesukseskan pada debat publik kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati putaran pertama dan kedua yang telah berlangsung belum lama ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa kembali mempersiapkan debat publik ketiga yang merupakan debat publik yang terakhir.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat SAg kepada Gaung NTB, Jum’at (06/11) menyampaikan bahwa setelah sukses debat publik pasangan calon putaran pertama dan putaran kedua, KPU Sumbawa kembali akan menggelar debat kandidat putaran ketiga yang rencananya akan diselenggarakan di Lapangan Desa Sepakat Kecamatan Plampang pada tanggal 12 November mendatang.

Oleh karena itu Syukri berharap agar pada debat terakhir ini dapat berlangsung seperti pada debat-debat sebelumnya yakni situasi sekaligus kesuksesan yang pernah diraih bersama-sama dapat diulang kembal di putaran ketiga nanti, bahkan diharapkan agar kualitas pada debat ketiga nanti semakin lebih baik.

Dari hasil evaluasi pada debat kandidat kedua menurut Syukri, ada beberapa koreksi yang menjadi catatan dan sudah disampaikan kepada pasangan calon dan tim pasangan calon, serta juga dipersiapkan oleh KPU untuk kemudian disempurnakan, sehingga proses dan hasil debat publik yang ketiga itu menjadi lebih baik lagi.

Syukri juga berharap agar pasangan calon dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari materi yang akan ditampilkan pada debat itu, sehingga pasangan calon dapat tampil optimal.

Adapun materi pada debat terakhir itu jelas Syukri, yakni menyangkut masalah pertanian, peternakan, kelautan dan tata wilyah. Pada debat kandidat kali ini kata Syukri, akan dipandu oleh Moderator dari Universtias Brawijaya atas nama Dr Bambang. “Agar masing-masing pasangan calon dapat mempersiapkan diri, agar dapat tampil maksimal di atas panggung,” ujarnya.

Selain itu sambung Syukri, terhadap hal-hal yang telah menjadi kesepakatan antara tim paslon dengan KPU seperti menyangkut jumlah massa yang hadir maksimal sebanyak 200 orang, tidak boleh membawa alat peraga kampanye, tidak boleh membawa instrumen musik apapun, bahkan kosok kancing sekalipun tidak boleh, agar semua hal itu dapat diperhatikan. “Semua ketentuan ini kita jaga agar situasi dan kondisi debat dapat berlangsung aman,” katanya.

Dan yang tidak kalah penting sambungnya, agar masing-masing pasangan calon dan tim kampanye dapat hadir tepat waktu di lokasi debat, sehingga kegiatan dapat berlangsung sesuai tepat waktu.

Sementara terkait dengan kesiapan lokasi, menurut Syukri, sekarang ini sedang dipersiapkan oleh tim teknis KPU Sumbawa. “Insya Allah sehari sebelum debat berlangsung, kondisi lapangan sudah siap pakai,” demikian Syukri Rahmat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close