Tingkatkan Hasil Produksi Jagung, Bupati Sumbawa Launching Jagung NK 7328

0
2779
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Sektor pertanian masih menjadi sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk Kabupaten Sumbawa, dengan komoditas utama meliputi padi, jagung, kedelai dan kacang hijau.

Beberapa tahun terakhir komoditas jagung telah menjadi pilihan kedua setelah padi, menggeser komoditas kedelai dan kacang hijau. Untuk suksesnya program peningkatan produksi dan kesejahteraan petani jagung, Pemda Sumbawa melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa bersama dengan PT. Sygenta Indonesia menggelar expo dan launching Jagung NK 7328 di Syngenta Learning Center Desa Gapit Kecamatan Empang, Kamis (29/10). Kegiatan tersebut diikuti oleh 500 orang petani dan PPL Kecamatan Empang, Plampang, Tarano dan Kecamatan Labangka.

Regional Sales Manager Nusra PT Syngenta Indonesia, Khusaeri dalam sambutannya menyampaikan bahwa tanaman itu harus diprotek dari awal, mulai dari memilih benih, perawatan hingga panen. Petani juga, kata Khusaeri harus mengetahui cara memupuk yang benar, cara membersihkan gulma yang baik agar tanaman petani itu tetap terjaga.

Selain itu sambungnya, untuk mendukung hasil panen petani, PT Syngenta Indonesia di Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan PT Segar memiliki program untuk mengatur pola tanam jagung agar bisa terserap, apalagi sekarang ini sedang digalakkan Perluasan Areal Tanam (PAT).
“Semakin luas tanah, maka akan semakin luas daerah tanam yang akhirnya akan mengakibatkan hasil panen jagung yang melimpah, mengakibatkan nilai ekonomis jagung menurun,” kata Khusaeri.

Oleh karena itu, menurut Khusaeri hal tersebut perlu dihindari dengan cara mengatur jarak tanam agar waktu panen tidak bersamaan.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs Jamaluddin Malik dalam arahannya saat melaunching Varietas NK 7328 menyampaikan, apresiasi kepada PT Syngenta atas dukungannya kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam PIJAR (Sapi, Jagung, Rumput Laut) yang merupakan program prioritas Provinsi NTB.

JM—sapaan akrab Bupati Sumbawa juga menyampaikan bahwa pembangunan ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan pihak ketiga harus terus bersinergi untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan.

Launching Jagung 2Berdasarkan data yang ada di Kabupaten Sumbawa, disampaikan JM bahwa hasil produksi jagung mencapai 315 ribu ton walaupun ada sebagian yang gagal panen karena kekeringan. Oleh karena itu JM, mengingatkan bahwa petani itu merupakan orang–orang yang hebat, yang mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk berhasil apabila mau bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

Terakit dengan adanya kiprah PT Syngenta, JM mengharapkan agar perusahaan itu tidak hanya menjual dan menyediakan bibit NK 7328, tetapi juga membantu para petani dari proses pemilihan bibit hingga tekhnologi tanam yang baik, pemupukan, penyiangan hingga panen. Karena varietas NK 7328 memiliki keunggulan dalam satu batang pohon memiliki 2 hingga 3 tongkol jagung. Selain itu JM juga berharap kepada penyuluh dan Dinas Pertanian untuk membantu dan memberikan pendampingan kepada petani.

loading...

LEAVE A REPLY