Sumbawa

Awasi Dana Desa, Inspektorat Turunkan Tim Audit ke Desa

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Inspektorat Kabupaten Sumbawa mulai kemarin menurunkan tim audit atau tim pemeriksa ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Sumbawa untuk melakukan audit atau pemeriksaan terhadap pengelolaan dana desa.

Sekretaris Inspektorat Kabupaten Sumbawa, Ir Syarifuddin kepada Gaung NTB, Senin (19/10) menyampaikan bahwa sebelum tim pemeriksa dari Inspektorat diturunkan, telah dilakukan pembinaan terlebih dahulu terkait dengan berbagai regulasi yang mengatur tentang pengelolaan anggaran dana desa, juga terkait dengan pertanggungjawaban administrasi dana desa, kemudian proses pengadaan barang dan jasa di tingkat desa serta regulasi lainnya.

Terkait dengan pemeriksaan dana desa itu, menurut Syarifuddin, tim audit akan turun ke desa dan akan melakukan pemeriksaan terhadap semua penggunakan dana desa tersebut, mulai dari SPJ penggunaan dana desa, termasuk malakukan pemeriksanaan kegiatan fisik di lapangan.
“Semuanya akan kita periksa, untuk memastikan dana desa tersebut telah dialokasikan dan dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Proses pemeriksaan itu katanya, akan dilakukan oleh Tim Audit yang dibagi dalam 8 kelompok yang terdiri dari 3 hingga 4 orang. Kemudian pemeriksaannya dibagi dalam 2 tahap yakni untuk tahap pertama akan difokuskan di seluruh desa pada 16 kecamatan, kemudian tahap kedua disusul desa lainnya di 8 kecamatan lainnya, sehingga pemeriksanaan rampung sebelum akhir tahun.

Menyinggung mengenai keluhan masyarakat terkait dengan pengelolaan dana desa, Syarifuddin, menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada laporan resmi dari masyarakat atau pihak manapun kepada Inspektorat.

Namun demikian sambungnya, pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat katanya merupakan pemeriksaan reguler setiap tahun anggaran. “Ada atau tidak laporan masyarakat mengenai pengelolaan dana desa, kami tetap melakukan pemeriksaan karena pemeriksaan rutin yang sekaligus dirangkaikan dengan pembinaan,” paparnya.

Tetapi apabila ada laporan terkait dengan masalah dana desa ini, menurut Syarifuddin maka akan diperdalam pada saat pemeriksaan reguler ini berlangsung. “Pemeriksaan ini akan berlangsung hingga 15 hari kedepan atau berahir sekitar tanggal 2 November 2015,” demikian Syafruddin.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close