PT Newmont Nusa Tenggara

Sumbawa Peringkat 2 Daerah Rawan Bencana Alam di NTB

Sumbawa besar Gaung NTB – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Ir Mukmin, MSi, mengungkapkan berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dari 11 kab/ kota di NTB, kabupaten Sumbawa menduduki peringkat ke 2 daerah yang berpotensi besar mengalami bencana alam dibandingkan dengan kabupaten lainnya, setelah Lombok Timur.

Peringkat ini menurutnya, berdasarkan jumlah data bencana tahunan ditambah juga geografis dan luas wilayah suatau daerah.

Dalam tahun 2015 ini saja sebutnya, data banjir yang terjadi sebanyak 6 kali, angin puting beliung (4 kali), bencana kebakaran (50 kali) ditambah bencana kekeringan yang melanda 21 kecamatan. “Bencana angin puting beliung dan gelombang pasang lebih didominasi oleh wilayah pesisir. Kalau bencana longsor sendiri kebanyakan terjadi di wilayah kecamatan yang berada di Selatan Sumbawa,” kata Mukmin.

Terkait dengan bencana kekeringan yang terjadi di 21 kecamatan sambungnya, pihaknya telah bekerjasama dengan dinas terkait serta beberapa instansi pertikal dan pihak swasta mendistribusikan air bersih ke 21 kecamatan 70 desa dan 123 dusun.

Meski keterbatasan sarana dan personil, pihaknya tetap berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mengoptimalkan personil Team Reaksi Cepat (TRC) yang ada di setiap desa.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. RelawanJune 17, 2016 at 3:40 amReply

    Kejadian bencana alam tak terelakkan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, karena itu upaya edukasi mitigasi terutama di daerah rawan diperlukan. Disisi lain adalah nilai sosial menggerakan nurani untuk ikut memberikan bantuan kepada mereka yang terkena musibah bencana

Leave a Reply