Sumbawa

Tutupan Vegetasi Sumbawa di Atas 50 Persen

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Tutupan vegetasi Kabupaten Sumbawa berada di atas 50 persen dengan indikator baik. Artinya daerah ini dinilai telah mampu memelihara dan menjaga sistem lingkungan hidupnya menuju Indonesia Hijau sebagaimana yang didambakan semua pihak.

Hasil ini ungkap Kepala BPMLH Sumbawa melalui Kabag Pengendalian Dampak Lingkungan, Hj Rahmawati S.Pi.M.Si, Kamis (8/5), merupakan identifikasi citra satelit yang dilakukan pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Dijelaskan Rahma, Pemda Sumbawa bertekad mempertahankan tutupan vegetasi ini tetap baik, normal dan stabil berada di atas 50 persen. Pasalnya, sistem manajemen pengelolaan dan penanganan lingkungan hidup sangat konsens dilaksanakan dengan tetap berpegang pada aturan yang berlaku, khususnya tentang prosedur serta langkah-langkah strategis mempertahankan lingkungan hidup agar tetap stabil melalui berbagai program penghijauan yang melibatkan berbagai leading sektor terkait.

“Pembenahan fisik vegetasi yang didukung dengan sistem manajemen dan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup yang terprogram dan berkesinambungan dengan baik, indikator penting yang akan dinilai oleh tim Kementerian LH dalam rangka meraih trophy penghargaan Reksaniatra bidang lingkungan hidup Tahun 2014,” papar Hj Rahma, seraya menyatakan selama dua tahun berturut-turut Sumbawa berhasil meraih penghargaan prestisius itu.

Karenanya Hj Rahma menghimbau masyarakat untuk membudayakan penanaman pohon minimal di lingkungan rumahnya, dan tidak melakukan penebangan pohon secara liar, sehingga lingkungan sekitar tetap terjaga dengan baik serta terlihat asri dan indah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close