Brasil Diprediksi Raih Profit 20 Kali Lipat dari Piala Dunia 2010

0
1173
loading...
loading...

Brasil diprediksi meraup pemasukan sekitar 11 miliar dolar AS dari ajang Piala Dunia 2014. Angka itu 20 kali lipat lebih banyak dari yang didapat Afrika Selatan dari Piala Dunia 2010.

Menurut perhitungan Institut Pariwisata Brasil, estimasi turis asing yang akan mengunjungi negara mereka selama Juni-Juli adalah 600 ribu orang. Mereka ditaksir akan menghabiskan total uang sekitar 2,6 miliar dolar.

Tak cuma pendatang, warga Brasil pun diyakini akan mengeluarkan uang di luar kebiasaannya. Sebagai penggila sepakbola, diperkirakan akan ada 3 juta masyarakat Brasil yang “terlibat” di Piala Dunia, dan mereka akan mengeluarkan uang sampai 7,9 miliar dolar.

Meski prediksinya “wow”, tapi Brasil mesti mengantisipasi kemungkinan meleset, seperti yang dialami Afrika Selatan saat menghajat Piala Dunia empat tahun lalu. Ternyata, turnamen terbesar di dunia itu tidak memberi keuntungan ekonomi sebesar yang diduga.

Dari prediksi 450 ribu orang, ternyata hanya 309.554 turis asing yang mengunjungi Afsel. Demikian pula ekspektasi pemasukan 900 juta dolar, yang mana realisasinya hanya 60%, atau sekitar 513 juta dolar. Di akhir tahun 2010, mereka hanya mendapatkan 11% dari investasi senilai 4,5 miliar dolar untuk pembangunan stadion-stadion dan berbagai infrastruktur pendukung.

Skor bola

Apakah Brasil bisa mengalami hal serupa dengan Afsel, bahwa yang akan didapat meleset dari prediksi, hal itu merupakan sebuah kemungkinan.

“Tidak ada bukti bahwa keuntungan yang dijanjikan oleh penyelenggara-penyelenggara event yang pernah terwujud,” ujar ahli ekonomi olahraga dari Universitas Maryland, Profesor Dennis Coates, seperti dikutip dari International Business Times.

loading...

LEAVE A REPLY