Kecamatan Sekarbela Tuan Rumah STQ ke 24 Kota Mataram

0
778
loading...
loading...

Mataram, Gaung NTB – Kecamatan Sekarbela ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke 24 tingkat Kota Mataram, yang akan dilaksanakan bulan Juni mendatang. Hal itu terungkap pada rapat persiapan STQ ke 24 tingkat Kota Mataram di ruang Kenari Kantor Walikota Mataram dipimpin Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, H Usman, Ketua Umum Lembaga Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Mataram, H Husnan Ahmadi dan Kepala Bagian Kesra Setda Kota Mataram, H Syaekhul Islam.

Usman mengatakan, tahun ini Kecamatan Sekarbela ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan STQ ke 24 tingkat Kota Mataram. Sebelum digelarnya STQ tingkat Kota Mataram, akan digelar STQ tingkat kecamatan se Kota Mataram. “Tahun ini, kabupaten/kota sebatas melaksanakan STQ, namun untuk di tingkat nasional tetap dilaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ),” jelasnya. Terdapat tiga cabang yang diperlombakan dalam STQ, yakni Tilawatil Quran, Tafsir Quran dan Tifzil Quran. Kesemuanya diikuti peserta putra putri dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang, terdiri dari delapan pria dan delapan peserta wanita.

Sementara Ketua Umum LPTQ Kota Mataram, H Husnan Ahmadi, mengatakan kualitas dalam pelaksanaan STQ tahun ini harus lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk ituk pengurus LPTQ di tingkat kecamatan diminta segera melakukan pertemuan untuk mempersiapkan pelaksanaan STQ di tingkat kecamatan. “Pengurus STQ kecamatan bersama tokoh agama bisa mulai merekrut peserta dari masing-masing kelurahan yang ada di kecamatan,” ujarnya.
Selain peningkatan dari sisi kualitas peserta, Husnan, juga mengingatkan agar terjadi peningkatan dalam penyelenggaraan dan dampak pelaksanaan STQ terhadap kehidupan masyarakat.

Utamanya dalam meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. “Sukses harus bisa diraih, tetap bukan hanya prestasi tapi juga implementasi penyelenggaraan STQ memberikan pengaruh terhadap kehidupan peserta maupun masyarakat di sekitar lokasi STQ,” tegasnya.

Dalam perekrutan peserta, Husnan mengingatkan pentingnya melakukan penjaringan bakat-bakat mulai dari taman pendidikan Alquran (TPQ) yang tersebar hingga lingkup rukun tetangga (RT). Karena ia menilai, bakat-bakat yang dimiliki Kota Mataram masih sangat potensial. Dijadwalkan, pelaksanaan STQ di tingkat kecamatan tertuntaskan di akhir Mei mendatang.

“Sehingga pihak kecamatan masih memiliki waktu mempersiapkan duta-duta terbaiknya untuk bertanding di ajang STQ tingkat Kota Mataram, di awal bulan Juni,” katanya.

loading...

LEAVE A REPLY