Desa Bunga Eja Wakili Sumbawa di Lomba Desa Terintegrasi Provinsi

0
936
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Desa Bunga Eja Kecamatan Empang, berhak mewakili Kabupaten Sumbawa dalam Lomba Desa Terintegrasi tingkat provinsi, setelah meraih juara pertama untuk lomba serupa di tingkat kabupaten.

Ditemui Gaung NTB, Senin (28/4), Kabid Peningkatan Partisipasi Masyarakat dan Sosial Budaya Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa, Cendra Hastuti Nur, SSos, MA, mengatakan lomba tersebut dilaksanakan dalam dua tahap dimana tahap pertama seleksi melalui pemaparan Kades, Tim Penggerak PKK dan LPMD dan tahap kedua kunjungan tim sekaligus melakukan verifikasi data.

Dari 11 desa yang yang dinilai, 6 desa diantaranya masuk finalis dan berhak untuk diverifikasi yaitu Desa Bunga Eja, Desa Plampang, Desa Boak, Desa Lunyuk Ode dan Desa Mamak.

Dalam lomba ini terang Tuti—sapaan akrabnya, ada 12 obyek yang menjadi penilaian dengan 26 sub indikator seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, partisipasi masyarakat sampai pengelolaan perpustakaan desa dan lingkungan. Memang dari semua obyek penilaian Desa Bunga Eja, belum bisa memenuhi seluruhnya, tapi dari sekian finalis yang paling mendekati penilaian adalah desa tersebut, sehingga panitia tak ragu menunjuknya sebagai pemenang. “Memang tidak semua indicator penilaian terpenuhi, tapi setelah tim melakukan verifikasi Desa Bunga Eja lah yang paling mendekati penilaian dan memiliki nilai tertinggi,” ujarnya.

Untuk diketahui lomba Desa Terintegrasi tingkat provinsi sendiri akan dilaksanakan tanggal 20 Mei mendatang. Dalam beberapa tahun terakhir ini Kabupaten Sumbawa, sudah tidak pernah lagi mewakili NTB untuk lomba ditingkat nasional.

Tahun ini sambung Tuti, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar Desa Bunga Eja bisa tampil di pentas nasional. Karena itu sebelum tim provinsi turun melakukan penilaian, akan ada pembinaan secara berkelanjutan lintas sector dengan melibatkan SKPD terkait, di Desa Bunga Eja ini. “Fokus pembinaan kita semua yang menjadi indicator penilaian. Semoga tahun ini kita dapat mewakili NTB ke nasional,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY