Ir H Jhoni Hartono : Rakyat Dambakan Demokrasi yang Sehat

0
716
loading...
loading...

Taliwang, Gaung NTB – Menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) yang dijadwalkan berlangusng 9 April maupun Pemilu Presiden (Pilpres) bulan Juni mendatang, nampaknya rakyat sudah bosan dengan berbagai polemik saling menyalahkan termasuk melihat prilaku korupsi dan sebagainya.

Pesta demokrasi Pemilu 2014, yang didambakan rakyat sebagaimana dapat dicatat sebagai ‘Silent Opinion’ adalah demokrasi dimana orang secara bersama dapat berkonsensus dalam menentukan pilihan – pilihan tanpa ada paksaan, dapat berbeda pendapat dan pilihan secara damai tanpa menimbulkan konflik sosial atau benturan di masyarakat. “Inilah demokrasi yang sebenarnya sangat didambakan oleh masyarakat,” ujar
Kepala Kesbangpoldagri Kabupaten Sumbawa Barat, Ir H Jhoni Hartono, MSc.

Ditemui Gaung NTB, H Jhoni, menegaskan demokrasi yang baik itu bukan hanya pada integritas penyelenggaraan tetapi juga didukung oleh adanya kesamaan persepsi dan partisipasi masyarakat yang tinggi mendukung memberikan suara sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat, guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis dan efektif serta efisien, bukan pemilu yang direkayasa untuk kepentingan sekelompok.

Lebih lanjut H Jhoni, mengatakan untuk mengantisipasi semua bentuk kerawanan yang berpotensi konflik, secara kelembagaan pihaknya telah membuat peta rawan konflik terkait pelaksanaan Pileg nanti. Ppeta rawan konflik ini, mesti disikapi secara sinergis oleh semua unsur sebagai upaya terus menjaga kondusifitas selama Pileg maupun Pilpres berlangsung.

loading...

LEAVE A REPLY