Puluhan Anak di Lombok jadi Korban Perkosaan

0
1335
loading...
loading...

Mataram, Gaung NTB – Puluhan anak di Lombok menjadi korban perkosaan dan mereka masuk dalam daftar Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus (AMPK), hal ini disampaikan Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) NTB, H Badarudin saat melakukan pertemuan dengan Pengurus LPA se Lombok di Mataram, Senin lalu.

Dia menyampaikan sebanyak 35 korban perkosaan tersebut mendapat dana pembinaan sebesar Rp 1,5 juta per orang selama setahun. Dana tersebut jelasnya itu dipergunakan untuk biaya pemulihan anak, pendidikan serta keperluan lainnya.

Terhadap kasus kekerasan terhadap anak terutama perkosaan pelakunya tetap dilanjutkan ke meja hijau, sementara korban dibina oleh keluarga dengan mendapat pendamping dari LPA.
Secara keseluruhan jelasa Badaruddin, jumlah kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan selama tahun 2013 tercatat 1.165 kasus, jumah ini meningkat dari tahun 2012 yang kurang dari 1.000 kasus.

Sementara kasus anak sebagai pelaku tindak kekerasan tahun 2012 tercatat 89 orang. Terhadap para korban ini jelas Badaruddin, LPA NTB dalam tahun 2013 secara keseluruhan telah menyalkurkan santunan kepada 433 anak dan diharapkan tahun 2014 lebih banyak lagi terutama yang putus sekolah guna kelanjutan pendidikannya.
Bantuan yang diberikan kepada anak bermasalah ini kata Badaruddin, masih belum maksimal, sehingga diperlukan uluran tangan para dermawan disamping bantuan dari Kemensos.

Untuk itu, Badaruddin berharap pihaknya tidak hanya mencari bantuan dari Pemerintah Daerah dan pusat, melainkan juga akan melibatkan semua elemen untuk membantu anak-anak terlantar dan korban kekerasan.

loading...

LEAVE A REPLY